Continuous Improvement Manajemen Pembelajaran Dalam Mencapai Supervisi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Authors

  • Syarkati Syarkati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rifai Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: 1) langkah-langkah continuous improvement manajemen pembelajaran dalam mencapai supervisi di Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 2) karakteristik supervisi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Metode Penelitian menggunakan analisis secara kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan 3 cara, yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif, teknik pengambilan kesimpulan dan verifikasi data. Prosedur dalam penelitian ini melakukan hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan penelitian seperti menyiapkan format observasi manajemen pembelajaran, menyusun jadwal kegiatan, dan menyusun instrumen berupa angket untuk pimpinan universitas, dosen, karyawan dan mahasiswa. Hasil penelitian dapat terlihat bahwa langkah-langkah melakukan continuous improvement manajemen pembelajaran dalam mencapai supervisi di Universitas Muhammadiyah Bengkulu terdiri dari delapan langkah, yaitu mengidentifikasi masalah yang dihadapi, pengumpulan data, mencari akar masalah, mencari solusi perbaikan, menjalankan solusi, mengevaluasi dan menganalisa temuan, menetapkan standar, dan memetakan continuous improvement. Karakteristik supervisi Universitas Muhammadiyah Bengkulu bersifat konstrukstif, kreatif, realistis dan profesionalis.

 

Kata Kunci: Continuous improvement, manajemen pembelajaran, karakteristik, supervisi.

 

Downloads

Published

2022-04-10
Abstract viewed = 93 times