AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM UPAYA MEMBERANTAS KENAKALAN REMAJA (STUDI KASUS PADA REMAJA DI DESA KOTA BANI KECAMATAN PUTRI HIJAU KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Authors

  • Zarnis Lupita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amnnah Qurniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

                Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak ke masa dewasa. Masa transisi ini seringkali menghadapkan individu kepada kebimbangan. Situasi iniyang menimbulkan perilaku-perilaku menyimpang dan kalau tidak terkontrol bisamenjadi kenakalan. Oleh sebab itu pembina organisasi dan orang tua sangat berguna untuk memantau remaja.Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kenakalan remaja, diantaranya adalah pudarnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Kenakalan remaja merupakan perilaku yang bertentangan dengan nilai kemanusiaan khususnya pada Pancasila yaitu sila kedua.

                Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentukkenakalan remaja, serta faktor penyebab dan hambatan-hambatan dalam upaya penanggulangan terhadap kenakalan remaja di Desa Kota Bani Kecamatan Putri Hijau kabupaten Bengkulu Utara. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengaktualisasi nilai-nilai pancasila pada kalangan remaja di desa kota Bani kecamatan putri hijau kabupaten Bengkulu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan teknikpengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kenakalan remaja di Desa Kota Bani Kecamatan Putri Hijau kabupaten Bengkulu Utara adalah kurang menghormati orang tua, terkadang menolak jika disuruh orang tua, saling membedakan antar teman, sehingga berteman hanya dengan sesamanya saja baik seagaman maupun sesuku, sering lalai dalam menjalankan kewajibannya, misalnya mengaji, dan belajar, merokok, berkelahi dengan sesama teman, dan mencuri. Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja adalah faktor keluarga, pendidikan dan agama, serta lingkungan.Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam upaya penganggulangan kenakalan remaja adalah kenakalan remaja merupakan turunan sifat orang tua, kurang perhatian orang tua, sulit mengatasi anak-anak yang sudah melampaui batas, dan tidak terdapat tindakan khusu berupa binaan terhadap remaja yang melakukan kenakalan.

                Kelompok remaja dan orang tua cukup memahami tentang pengertian dan makna dari pancasila sila kedua, sehingga mereka mengaku bahwa perlu menerapkvan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.  Beberapa aktivitas sehari-hari yang mencerminkan pengamalan pancasila sila kedua berdasarkan pengakuan remaja di Desa Kota Bani diantaranya adalah menghormati orang tua maupun orang lain yang umurnya lebih tua, saling menolong yang lagi kesusahan, dan tidak membeda-bedakan manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan

 

Kata Kunci : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Kenakalan Remaja

Downloads

Published

2022-04-10
Abstract viewed = 872 times