AKTUALISASI SILA PERSATUAN INDONESIA DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI DESA GIRI KENCANA KECAMATAN KETAHUN KABUPATEN BENGKULU UTARA

Authors

  • Halma Galistan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Zulyan Zulyan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

                Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia merupakan hal yang yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Pancasila seharusnya menjadi pijakan kita bersama dalam berbangsa dan bernegara. Ini sudah menjadi rumusan yang tidak bisa diganti-ganti lagi, sebagaimana layaknya pergantian kurikulum di negara kita. Kedudukan pancasila sebagai dasar negara memiliki sifat imperatif atau memaksa bagi semua warga Indonesia, sebagai dasar negara Pancasila tidak terbentuk begitu saja, namun Pancasila mengalami sejarah yang panjang.

Pada era sekarang seperti yang kita lihat disekitar kita banyak masyarakat yang acuh terhadap sesama, apalagi pada era globalisasi pada saat sekarang ini dimana, kita tidak boleh berkerumunan dan harus jaga jarak antar sesama, ditengah pandemi Covid-19..

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Aktualisasi Sila Persatuan Indonesia Dalam Membangun Solidaritas Sosial Masyarakat di Tengah Pandemic Covid-19. Penelitian ini bertempat di desa Giri Kencana Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara, pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data deskriptif melalui tiga langkah yaitu, reduksi,penyajian data dan penarikan kesimpulan.

                Hasil penelitian ini untuk menujukkanAktualisasi Sila Persatuan Indonesia Dalam Membangun Solidaritas Sosial Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19di desa Giri Kencana, Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara sebagai berikut :

                Aktualisasi Sila Persatuan Indonesia  di desa Giri Kencana seperti masyarakat melakukan kegiatan gotong royong, berkontribusi dalam membantu masyarakat yang terdampak covid-19, melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan, saling menjalin komunikasi dalam menyelesaikan suatu kegiatan dari perangkat desa, kepala dusun dan masyarakat desa Giri Kencana, masyarakat masih sangat antusias dalam mengadakan perlombaan memperingati HUT Kemerdekaan RI, masyarakat giri kencana sangat menghargai perbedaan suku yang ada di desa Giri Kencana, tetapi mereka sangat melestarikan kultur budaya adat Jawa yang masih sangat kental di desa Giri Kencana.

                Upaya dalam membangun solidaritas Sosial masyarakat desa Giri Kencana, dengan melakukan kerja sama, gotong royong bahkan saling berkoordinasi untuk menjaga kesolidaritas masyarakat dan memberikan bantuan, dukungan moril kepada masyarakat.

 

Kata Kunci : Aktualisasi, Pancasila, Solidaritas Sosial.

Downloads

Published

2022-04-10
Abstract viewed = 396 times