Analisis Proses Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID-19 pada Guru SMP Negeri 2 Gatak

Authors

  • Feri Andi Nugroho Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurlita Fitriyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Patmisari Patmisari Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Abstrak

                                Pandemi Covid-19 telah membuat proses pembelajaran di sekolah berubah dari pertemuan secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring, faktor pendukung, serta faktor penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru SMP Negeri 2 Gatak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup dan angket terbuka. Hasil penelitian ini bahwa SMP Negeri 2 Gatak secara sepenuhnya menerapkan pembelajaran daring yang berpedoman dengan surat edaran Kemendikbud dengan menggunakan aplikasi berupa google classroom dan whatsapp grup. Model pembelajaran yang digunakan sebagian besar berupa penugasan dengan bentuk soal esai yang dikumpulkan dalam batas waktu tertentu. Namun, siswa dinilai kurang antusias dengan pembelajaran online. Terdapat beberapa faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran online yaitu tersedianya berbagai fasilitas pembelajaran dan adanya kerjasama dengan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran online adalah siswa kurang aktif. Untuk meningkatkan aktivitas siswa, guru berusaha membuat model pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa.

Kata kunci: proses pembelajaran, daring, Covid-19

References

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, 4(1), 65–74.

Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131–147.

Elianur, C. (2020). PILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING OLEH GURU PAI DI BENGKULU TENGAH. Jurnal As-Salam, 4(1), 37–45.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta,Dib, 8(117–140).

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Purwanto dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling, 2(1).

Putria, H. dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 861–872.

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 6(20–35).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yunitasari, R. & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.

Downloads

Published

2021-08-19
Abstract viewed = 144 times