ANALISIS STRATEGI POSITIONING RRI PRO I DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Aldiansyah Ilmu komunikasi UMB
  • fitria yuliani Program Studi Ilmu Komunikasi

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v3i1.3474

Abstract

RRI Pro I sudah memiliki pengalaman, tetapi Radio RRI Pro I harus menghadapi
persaingan dengan radio Famboyan FM, Santana FM, dan Lesitta FM. strategi positioning
merupakan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pada produk atau jasa untuk
membangun persepsi konsumen atau masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan
Strategi Positioning RRI Pro I dalam menggandeng penonton di Kota Bengkulu. Untuk
mengkaji Strategi Positioning RRI Pro I dalam menggandeng Listeners di Kota Bengkulu,
peneliti menggunakan tipe eksplorasi subjektif, sehingga dapat menggali lebih jauh keadaan
atau keanehan yang terjadi di dalam dan di luar. Saksi dalam penelitian ini adalah seluruh
individu yang terlibat dalam RRI Pro I. Prosedur penetapan saksi dalam penelitian ini
dilakukan dengan teknik purposive testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem
Positioning RRI Pro I di dalamnya sangat bagus untuk menahan penonton di Kota Bengkulu.
Hal ini dikarenakan RRI Pro I dalam membuat program dan siaran telah memperhatikan
kondisi pasar, analisis internal dan analisis pesaiang. Secara rinci, pada kondisi pasar
menunjukkan bahwa RRI Pro I menelaah pada kondisi pasar atau kondisi pendegar, dan
melihat trend permintaan pasar, serta mempelajari segmen pendengar, pada analisis internal
bahwa sumber daya yang dimiliki RRI Pro I sudah cukup baik karena sudah memiliki pegawai
yang ditempatkan pada setiap bagian, termasuk juga teknisi sudah disiapkan untuk mengatasa
jika terjadi kerusakan kerusakan, dan pada analisis pesaing bahwa RRI Pro I mengangap Radio
Radio swasta yang lain bukan pesaing, melainkan sebagai mitra dan kadangkala RRI Pro I
memberikan pembinaan pada radio radio swasta dalam menjalankan program programnya.


Kata Kunci: Strategi Positioning, RRI, Pendengar RRI Pro I, di Kota Bengkulu

Additional Files

Published

22-06-2022

How to Cite

Aldiansyah, & yuliani, fitria. (2022). ANALISIS STRATEGI POSITIONING RRI PRO I DI KOTA BENGKULU. J-SIKOM, 3(1), 70–80. https://doi.org/10.36085/jsikom.v3i1.3474

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 84 times