PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI VLAWLESS KEFIR KOTA BENGKULU

Authors

  • Vivi Anggraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mardhiyah Dwi Ilhami Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v4i1.4452

Abstract

This study aims to determine the effect of product quality and promotion through social media on Vlewless Kefir purchasing decisions in Bengkulu City. This type of research is a quantitative descriptive research, the object of this research is the consumer of Vlewless Kefir in Bengkulu City. The sampling method uses a non-probabilty technique, namely accidental sampling. The number of respondents in this study were 75 people. Methods of data collection using a questionnaire. The data analysis technique is using Multiple Linear Regression Analysis Test, and Hypothesis Testing, namely t-test and f-test. The results of this study can be concluded that the Product Quality variable has a positive effect on Purchase Decisions, Social Media Promotion has a positive effect on Purchase Decisions, and Product Quality and Social Media Promotion together have a positive and significant effect on Purchase Decisions.

Keywords: Product Quality, Social Media Promotion, Purchase Decision

References

Agustina, A., Suci, R. P., & Wulandari, W. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Social Media Dan Kualitas Produk Serta Word Of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner (Studi Kasus Pada Konsumen Sido Semi Malang). Adbis: Jurnal Administrasi …, 41–51.

Al Rasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49. Https://Doi.Org/2550-1178

Alma, B. (2018). Manejemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Almira, A., & Sutanto, J. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 250–259.

Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Dewian, S. A. R. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Gaya Hidup, Promosi Sosial Media Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Busana Muslimah Merek Denay Di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. April, 1–17.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. Https://Doi.Org/10.20527/Jwm.V7i1.173

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21 Update Pls Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jakaria, D., & Estri, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Screamous Effect Of Product Quality And Sales Promotion On Purchase Decisions On Screamous Nasional Sehingga Dapat Memacu Pertumbuhan Perekonomian Yang Lebih Tinggi Di. Jurnal Prosiding Manajemen, 1(1), 1246–1254.

Khomilah, M. (2020). Pengaruh Promosi, Atribut Toko (Store Attributes), Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Nick Coffe Di Kota Bengkulu. 1–98. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Vjqpm

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mild. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2).

Kurnianingsih, W., & Sugiyanto. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Skripsi Respositari, 1(1), 510–524.

Kussudyarsana, & Rejeki, L. (2020). Pengaruh Media Sosial Online Dan Media Promosi Offline Terhadap Pemilihan Merek Produk Skincare Dan Klinik Kecantikan. Daya Saing; Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 22(1), 1–11.

Novita, D., Astuti, L. S., Anggraini, F., & Lestari, P. (2020). Pengaruh Promosi Menggunakan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Be Glow Skincare. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (Semnas Ristek) 2020, 161–165.

Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.

Onsardi, Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. Jbmp (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 7(2). Https://Doi.Org/10.21070/Jbmp.V7i2.1521

Rahmawaty, P. (2014). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 82–89. Https://Doi.Org/10.21831/Jim.V11i2.11788

Salsabilah, H., & Harti. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial , Eectronic Word Of Mouth , Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Body. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya, 18(4), 722–732.

Sonatasia, D. Onsardi, O. Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 1–15.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cv Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sya’idah, E. H. (2020). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian. Jmk (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(3), 204. Https://Doi.Org/10.32503/Jmk.V5i3.1106

Downloads

Published

2023-01-18

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 403 times