PENGARUH SERVICE RECOVERY DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN EL-JHON CABANG PAGAR DEWA

Authors

  • M. Thio Saputra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Islamuddin Islamuddin Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v4i1.4395

Abstract

This study aims 1) To determine the effect of service recovery on customer satisfaction El-John Pagar Dewa Branch. 2) To determine the effect of relationship marketing on customer satisfaction El-John Pagar Dewa Branch. 3) To determine the effect of service recovery and relationship marketing on customer satisfaction El-John Pagar Dewa Branch. This type of research is a quantitative approach. The method used in this research is descriptive method. The population in this study were all customers at El-Jhon Pagar Dewa Branch. the sample amounted to 120 customers at El-Jhon Pagar Dewa Branch.

Based on the results of research on the Effect of Service Recovery and Relationship Marketing on Customer Satisfaction El-Jhon Pagar Dewa Branch, the following conclusions can be drawn: 1) There is a positive and significant effect of Service recovery (X1) on customer satisfaction (Y) El-Jhon Bengkulu City. that the higher the service recovery, the higher the customer satisfaction. 2) There is an effect of Relationship Marketing (X2) on customer satisfaction (Y) El-Jhon Bengkulu City. it means that the higher the marketing relationship, the more customer satisfaction will be. 3) There is an effect of service recovery and relationship marketing together affecting El-John's customer satisfaction in Bengkulu City with a Fsig value of 0.003 <0.05.

.Keywords: Service Recovery, Relationship Marketing, Satisfaction,

References

Aryandi, J. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Achmadi, UF. 2014. Dasar-Dasar Administrasi dan Kebijakan Kesehatan dalam Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Jakarta. Rajawali Pers.

Agus, Ahyari. 2015. Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produk. Edisi Empat. Yogyakarta: BPFE

Ayu, D. 2020. Pengaruh Service Recovery Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Kualitas Pelayanan Seba

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Al, H, e. 2019. Komunikasi dalam keperawatan teori dan aplikasi. Jakarta :Penerbit Salemba Medika

Amalia & Raharso. 2018 .Sari Kuliah Menajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Anisa, L. U. 2012 .Manage Your Career. Jakarta: Elex Media Komputindo

Antonio. 2014 .Perilaku Konsumen–Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI

Barnes. 2013 .Imajinasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Bowen & Johnston. 2019 .Herman. Strategi Marketing Plus. Gramedia: Jakarta.

Dewa Ayu Kalpika Dewi Utami dan Ni Wayan Ekawati. (2013).Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Dixon, d. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung, PT. Bumi Aksa

D. D. Gremler, dan M. J., Bitner, V. A., Zeithaml. 2015. Service Marketing, Sixth Edition. America : Mc Graw Hill.

Daryanto. 2015. Manajemen Pemasaran Modern Edisi ke-2. Yogyakarta: Liberty Offset.

Evelyn. 2015. Manajemen MarketingSuatu Pendekatan Ramuan Marketing.Bandung: Kapp-Sigma

Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.

Ghozali, Imam. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan kasus-kasus pilihan cetakan 1. Yogyakarta : CAPS

Imanullah, M., Toyib, R., Hidayat, M. T., Wahyudi, I., Abimanyu, A., & Susanto, A. (2021). Pengenalan Website Sekolah Dasar Muhammmadiyah 1 Unggulan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dan Promosi Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(1), 483-492.

Khanza, M., Toyib, R. T. (2021). Implmentasi Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Handphone di Toko Mardha Cell. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 4(2), 221-235.

Kotler, Amstrong. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kertajaya. 2014.Prinsip-prinsip PemasaranJilid 1. Jakarta: Erlangga

Lucas. 2015. ManajemenPemasaran dan PemasaranJasa. Bandung: CV Alfabeta

Munandar, J. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Muntahanah, M., & Toyib, R. (2020). Penerpan Algoritma Binary Search Dalam Pencarian Data Potensi Investasi Di Kabupaten Seluma Dengan Smartphone. Jsai (Journal Scientific And Applied Informatics), 3(3), 129-136.

Moenir. 2012. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta:Bumi Aksara

Niken, dkk. 2013. Pelayanan Keluarga Berencana (dilengkapi dengan penuntun belajar). Cetakan Pertama. Yogyakarta: Fitramaya.

Nasir, Abduldkk. 2019.Kebutuhan Dasar Manusia I. Jakarta : Kemenkes RI

Richard. 2015. Manajemen. Jakarta : Erlangga

Rivai, Veithzal. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Rahmawati, R. (2022). Korelasi Mutu Pelayanan Dengan Impulse Buying Konsumen UD. Mantan Karyawan Kota Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional Business Corporate (Vol. 1, No. 1, Pp. 23-29).

Sapitri, L. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Sonatasia, D., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sedarmayanti. 2019. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas. Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Santoso, L. R. 2015. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Koran Kompas Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1-11.

Schiffman dan Kanuk. 2017. Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Supranto. 2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta

Tjiptono. 2015. Manajemen Strategic. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta

Toyib, R., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(2), 234-254.

Downloads

Published

2023-01-06

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 104 times