PENGARUH CITA RASA, DESAIN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN GELAS ALE-ALE

Authors

  • Dwito Resky Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v2i2.1645

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Cita Rasa, Desain Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Gelas Ale-Ale Di Kelurahan Padang Kapuk Kecamatan Kota Manna. Penelitian ini di latar belakangi oleh keputusan pembelian yang yang selalu berfluktuasi dan berbeda pada setiap individu. Keputusan Pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut di perkirakan adalah Cita Rasa, Desain dan Promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh cita rasa, desain dan promosi terhadap keputusan pembelian minuman gelas ale-ale di kelurahan padang kapuk kecamatan kota manna.

Obyek penelitian ini adalah konsumen minuman gelas Ale-Ale yang berdomisili di Kelurahan Padang Kapuk Kota Manna. Populasi dalam penelitian ini tiodak diketahui dengan pasti oleh karena itu metode penarikan sampel mengacu pada pernyataan Hair et al., (2010). Sehingga diperoleh jumlah responden atau sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan bantuan Google Form.

Dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel Cita Rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Desain berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian serta Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minuman gelas Ale-Ale di Kelurahan Padang Kapuk Kota Manna.

Kata Kunci    : Cita Rasa, Desain, Promosi dan Keputusan Pembelian

References

Achmad Buchory, Herry dan djaslim Saladin. (2006). Dasar-dasar Pemasaran Bank. Bandung: Linda karya.

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Drummond KE & Brefere LM. (2010). Nutrision for Food Service and Culinary Professional’s. New Jersey: Jhon Willey & Suns. Inc.

Elisa Desy Rinda Putri. (2018). Pengaruh Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Skripsi (Di Publikasikan). Yogyakarta: UNIVERSITAS SANATA DHARMA.

Ghozali, Imam. (2012). Jurnal Analisis Statistik Penelitian, UNJ. Jakatra

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi .Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. (2000). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Keenam. Yogyakarta: BPFE.

Hair et al. (2010). Penelitian kualitatif dan kuantitatif. Bandung. Liberty

Hidayat, A. A. (2017). Metode Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta: Slemba Medika.

Husein, Umar. (2004). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management. 14th. Person Education.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip –Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philips. (2004). Manajemen Pemasaran Jilid 2.Terjemahan Drs. Benyamin Molan.PT Indeks Kelompok Gramedia.

Malau, Herman. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Samapi Era Modernisasi Global. Bandung: Penerbit ALFABETA.

Martini,Tina. (2015). Analisis pengaruh Desain , Promosi dan desain produk terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor merek honda jenis skutermatic. Jurnal Penelitian Vol.9, Kudus: Februari 2015.

Morissan, M. A. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Muhajirin . (2010). Bahan Ajar: Apresiasi Teknik Produk Kerajinan. Yogyakarta: UNY.

Munandar, J. A., & Onsardi, O. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Noor, Juliansyah, (2012). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana

Rusmini. (2013). Strategi Promosi Sebagai Dasar Peningkatan Respon Konsumen. Jakarta: Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora Vol. 13 No.1, April 2013 Bina Nusantara

Siregar, Fachrurrozi. (2017). Pengaruh promosi, desain produk dan Promosi terhadap keputusan pembelian. Skripsi (Di Publikasikan). Medan: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Subroto, B. (2011). Pemasaran Industri (Business to Business Marketing) Yogyakarta : CV.Andi Offset

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabet

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2011), Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Tjiptono, Fandy. (2012).Strategi Pemasaran, Edisi ke-2. Yogya : Andi Offset.

Toyib, R., Onsardi, O., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Wahidah, N. (2010). Komponen-Komponen yang Memengaruhi Cita Rasa Bahan Pangan.

Downloads

Published

2021-06-07

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 942 times