DAYA TARIK WISATA, PROMOSI ONLINE, DAN TRANSPORTASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN

Authors

  • Angga Pratama Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v2i2.1598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Wisata,Promosi Online Dan   Transportasi  Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Danau Gedang Bengkulu Tengah.Alat analis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif (uji validitas dan reliabilitas),analisis regresi berganda,uji asumsi klasik (normalitas multikolinearitas dan heteroskedastisitas),uji t dan koefisien determinasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung atau wisatawan yang telah berkunjung ke Danau Gedang Bengkulu Tengah minimal dua kali.Dalam penelitian ini diambil 140 responden sebagai sampel.Penentuan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling dengan criteria respondennya ialah pengunjung yang pernah berkunjung minimal dua kali ke Danau Gedang Bengkulu Tengah.

Dari hasil analisis regresi berganda  didapatkan persamaan regresi Y= 1.949 + 0.296 (X1) + 0.218 (X2) + 0.347 (X3) .Hal ini berarti bahwa variabel daya tarik wisata,promosi online dan   transportasi berpengaruh positif  Terhadap keputusan berkunjung wisatawan.Sedangkan dari hipotesis diperoleh nilai t hitung  untuk daya tarik wisata(X1) sebesar 2.726 dengan tingkat signifikansi 0.007 ,untuk promosi online (X2) 2.374 dengan signifikansi 0.019 dan t hitung untuk variabel transportasi (X3) 5.714 dengan tingkat signifikansi 0.000.Dengan demikian berarti hasil dari analisis uji t menyatakan hasil signifikan untuk semua variabel dan hipotesis diterima.Hasil analisis regresi berganda juga menunjukkan hasil kofisien determinasi sebesar 0,689 yang berarti variabel daya tarik wisata,promosi online dan   transportasi mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan sebesar 68.9 % sedangkan 31.1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Daya Tarik Wisata, Promosi Online, Transportasi, Keputusan Berkunjung Wisatawan

References

Alfattory,Rheza Syahrul. 2015. â€Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berkunjung Kembali Ke Aloita Resort di Kab. Kep. Mentawai.†Jurnal Pelangi: Research of Education and Development Vol 7, No 1 Publisher: STKIP PGRI Sumbar.

Aldrianto,Sunu Dwi , Yohanes, I Nyoman Sudiarta, Ni Made Oka Karini.2017.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan dalam Menggunakan Transportasi Berbasis Aplikasi Online Di PT.Uber Indonesia. Jurnal Analisis Pariwisata .Vol. 17 No. 2,Diakses 14 Oktober 2020.

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

AR .Syahrul .2015. Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berkunjung Kembali Ke Aloita Resort di Kab. Kep. Mentawai. Jurnal Pelangi: Vol. 7, No. 1 , 71-82.

Dian, Rizki Maulidiya Muksin & Sunarti (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Fakultas Ilmu Administrasi Univеrsitas Brawijaya Malang.JAB.Vol.55.

Fitri, Irna. ( 2016 ). Analisis Promosi Penjualan Online, Harga, Kepercayaan, Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Ceker Brontak.

Junaida, Erni.2019. Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Wisata Berkunjung ke Taman Hutan Kota di Kota Langsa. VOL 10, NO 2 hal 146-155 ;diakses 13 Oktober 2020.

Lapian, S.Q.W., Mandey, S. dan Loindong, S. 2015. Pengaruh Advertising dan Daya Tarik Wisata terhadap Keputusan Wisatawan Mengunjungi Obyek Wisata Pantai Firdaus di Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Emba. Vol. 3, No. 3, hal. 1079-1088.diakses 14 Oktober 2020.

Malisti, R. F., Wahyudi, P., & Hastari, S. 2019. Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Pemandian Wisata Alam Banyubiru. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 4(1): 23–29.

Muflikhah, V., Mbulu, Y. P., & Adhi, I. M. 2018. Pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Instagram dan Atribut Produk Wisata terhadap Keputusan Berkunjung di Floating Market Lembung. Journal of Tourism Destination and Attraction, 6(2): 16–29.

Mulyati, Y., & Masruri. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Ditinjau dari Perspektif Daya Tarik Destinasi Wisata Kota Bukitinggi. Menara Ilmu LPPM UMSB, 13(1): 190–205.

Nurgiyantoro, Singgih. ( 2014 ). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Ynag Dimediasi Word Of Mouth Marketing. Yogyakarta : Jurnal Ilmiah Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses 13 Oktober 2020.

Priatmoko, S. 2017. Pengaruh Atraksi, Mediasosial, Dan Infrastruktur Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, 8(1): 72–82.

Pangestuti, Endriana, Sunarti dan hania. 2016. “Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Berkunjung dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Wisatawan Jawa Timur Park 1 Kota Batu).†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 40 No.1 diakses 13 Oktober 2020

Primadewi , Erika, Rispantyo, Suprihatmi Sri Wardiningsih.2020.Analisis Faktor Promosi ,Aksesibilitas dan Bukti Fisik terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi pada Destinasi Wisata Gunung Beruk Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo).VOL.14 hal 13-23.

Rahmawati, Sunarti, S. dan Pangestuti, E. 2016. Pengaruh Customer Value dan Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung: Studi pada Pengunjung Pantai Balekambang, Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 40, No. 1, hal. 112-118.

Rangkuti, F. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

R.M. Budiartha ,Nyoman.2011.Peranan Transportasi dalam Pariwisata (studi kasus Pemilihan Daerah Tujuan Wisata (Dtw/Destinasi) Oleh Wisatawan Di Bali. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15, No. 2, Diakses 14 Oktober 2020

Ruray ,Titiek Arafiani Rheza Pratama.2020.Pengaruh Daya Tarik dan aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Akesahu Kota Tidore Kepulauan.Vol.XI nomor (2).hal 1-11 .12 Oktober 2020

Saputra, N., Yuliana, Y. & Ferdian, F. 2017. Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang. E-Journal Home Economic And Tourism. Vol. 15 No. 2, 1–13.

Sirait,H. Dan Puddin, K. 2018. Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Bukit Gibeon Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Plans. Vol. 13 No. 1, 48-55.

Sugiyono.2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryani, Ratna ,2018.M. Wahyu. Pengaruh Harga Tiket ,Fasilitas dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Taman Margasatwa Seruling Mas Banjarnegara. Vol. 16, Nomor: 1hal 1-16.

Soebiyantoro, Ugy .2009. Pengaruh Ketersediaan Sarana Prasarana ,Sarana Transportasi terhadap Kepuasan Wisatawan.Jurnal Manajemen Pemnasaran .Vol.4 no 1 hal 16-22 Diakses 14 Oktober 2020.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Suharsono, Riyanto ,Setiawan Rini Purnama Sari.2019. Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi Pada Alif Galeri Hijab Sidoarjo). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis Vol. 1, Nomor 2,hal 41-54 Diakses 13 Oktober 2020.

Toyib, R., Onsardi, O., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Wardi Zen, Zefri ,Berri Brilliant Albar, dan Hesti Mayasari.2017. Daya Tarik Wisata dan Promosi terhadap Keputusan Memilih Objek Wisata Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan.Vol.8 no 1 hal 1-23.

Wahyuning Vilda , Gusti, M. Hufron,Aleria Irma Hatneny.Pengaruh Word Of Mouth ,Daya Tarik Wisata dan Harga terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Pengunjung Waterboom 88 Bululawang).hal 184-202.

Yolanda,F.,Yuliana,Y.,& Pramudia,H.(2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Alahan Panjang Resort Danau Diatas Kabupaten Solok. E-Journal Home Economic and Tourism, 15(2).

Yusuf Ibnu Sina, (2016) Pengaruh Atraksi,Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar Di Kota Ternate.Jurnal Vol 7 No2

Yofina, Miko Afrinata. 2018. “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus pada Wisatawan Domestik).†Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 6 No.2,diakses 13 Oktober 2020.

Downloads

Published

2021-05-10

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 542 times