PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, SUASANA CAFÉ, INOVASI PRODUK DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Authors

  • Rahma Putri Susianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eti Arini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v2i2.1597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing, Suasana Café, Inovasi Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Berkunjung Pada Cafe Tik-Tok Panorama Kota Bengkulu. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  analisis kuantitatif (Uji Validitas dan Reliabilitas), analisis regresi berganda, uji asumsi klasik (Normalitas, multikolinearitas dan heterosdestisitas) uji t dan koefisien determinasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang telah berkunjung ke café tik-tok panorama kota Bengkulu. Dalam penelitian ini diambil 105 responden sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria respondennya ialah pelanggan yang pernah berkunjung ke café tik-tok panorama kota Bengkulu minimal dua kali.

Dari hasil analisis regresi berganda didapatkan persamaan regresi Y= 7,228 + 0,152 (X1)+ 0,190 (X2)+ 0,141 (X3)+ 0,248 (X4). Hal ini berarti bahwa variabel Relationship Marketing, Suasana Café,Inovasi Produk dan Lokasi berpengaruh posotif terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan dari hipotesis diperoleh nilai t hitung untuk Relationship Marketing (X1) sebesar 2.281 dengan tingkat signifikasi 0,025, dan untuk Suasana Café (X2) sebesar 2.977 dengan tingkat signifikasi 0,004, dan untuk  Inovasi Produk (X3)) sebesar 2.022 dengan tingkat signifikasi 0,046 dan untuk  Lokasi (X4) sebesar 4.269 dengan tingkat signifikasi 0,000. Dengan demikian berarti hasil dari analisis uji t menyatakan signifikan untuk semua variabel dan hipotesis diterima.. hasil analisis regresi berganda juga menunjukkan hasil koefisien determinasi sebesar 0,589 yang berarti variabel Relationship Marketing , Suasana Café , Inovasi Produk , dan Lokasi mempengaruhi loyalitas pelanggan berkunjung sebesar 58,9% sedangkan 41,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

 
 

Kata kunci : Relationship Marketing,Suasana Café,Inovasi Produk,Lokasi ,loyalitas pelanggan

References

Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2.Bandung: Alfabeta

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Banat, A. & Wandebori, H. S. T. 2012. Store Design and Store Atmosphere Effect on Customer Sales per Visit Economics, Management and Behavioral Sciences.

Barnes, J.G. 2003. Secret of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi

Barry Berman, dan Evans, Joel R, 2004. Retail Management A Strategic Apporoach. Ninth Editon. New Jersey. Pearson Education International.

Basu Swastha & Irawan. 2002, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi ke 2. Yogyakarta. Liberty

Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing :Inovasi Pemasaran yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Charles Lamb, W.et.al. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: Jakarta

Crowley, A. E. 1993. The Two-Dimensional Impact Of Color On Shopping. Marketing letters, 4(1), 59-69.

Dessyana Juwita Cindy. 2013. Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Texas Chicken Multimart II Manado. Jurnal EMBA 845 Vol.1, No.3.

Fandy, Tjiptono. 2004. Strategi Pemasaran . Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Griffin, Jill, 2002, Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Erlangga, Jakarta.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga

Gujarati, D.N.,2012, Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C., Salemba Empat, buku 2, Edisi 5, Jakarta

Hair, Jr et.al. 2010. Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson

Ibrahim A. dan Sasidhar, B. 2009. Bank Customers’ Perception Of Service Quality And Customer Satisfaction In Saudi Arabia. European Journal of Business and Social Sciences, Vol. 4, No. 11, pp. 130-141.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2006, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12, Terjemahan: Bob Sabran, M.M, Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Listono, Florencia Irena Sari dan Sugiarto, Sudiono.2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening di Libereria Eatery, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1, No. 1, Hal 1-9

Lukas, Bryan A dan O.C Ferrell, 2000, The Effect of Market Orientation om Product Innovation†Journal of The Academy of Marketing Science, vol 28, 239-247

Mukti, Ramakerta. 2017. Strategi Kreatif dalam Periklanan. Depok: PT. Raja Grafind Persada

Nasution, H.N. 2005. Inovasi Organisasi: Konsep dan Pengukuran. Usahawan No. 09 th XXXIV September 2005.

Pratama, Kiki dan Sri Ekowati. 2020. Pengaruh trust, commitment, communication dan conflict handling terhadap loyalitas nasabah pada bni syariah kota Bengkulu. Hal. 1-17. Di akses pada tanggal 04 desember 2020.

Putu, Sukarmen, Andi Sularso., Deasy Wulandari .2013 .Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai 12 Variabel Intervening Pada Produk Gula Pasir Sebelas (Gupalas) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara XI (PERSERO).Jeam Vol XII No. 1/2013

Ratih. Hurriyati, 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Robinette, Scott. 2001. Emotion Marketing. Jakarta :Mc.Grow Hill Book Company

Rogers, Everett M. 2003. Diffusion of Innovations. New York: Free Press

Sangadji, E.M., danSopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Santoso, Singgih. 2012. Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum

Saputra, dan Ariningsih. 2014. Masa Depan Penerapan Strategi Relationship Marketing pada Industri Jasa Perbankan. Jurnal Manajemen dan Bisnis.,Volume 10 No. 1. Hal 1-15

Sarwono. Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta :Graha Ilmu

Schiffman and Lazar Kanuk, 2000, Costumer Behavior, Internasional Edition, Prentice Hall

Simon, Wachinga Gingoyo. 1999. Relationship Marketing: The Lesson That Today’s Marketer Ought To Learnâ€. Gajah Mada International Journal of Business. Vol 1. No 1:69-81.

Sivesan. 2012. Impact of Relationship Marketing on Costumer Loyalty on Banking Sectors. Jurnal of South Academic Research. Volume 2, Issue 3, pp. 179-191.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung :Alfabeta

Swastha. Basu. 2002. Manajemen Pemasaran .Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen,Yogyakarta: BPFE

Tjiptono, Fandy. 2006. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Tribuana Dewi, Sensi. 2006. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Tesis

Utami, Chistina Whidya .2010.Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern , Jakarta: Salemba Empat

Wawan. Dewanto.2014. Manajemen Inovasi, Yogyakarta: CV.Andi Offset

Yau, et al. 2014 Is Relationship Marketing for Everyone .Europan Journal of Marketing, Vol. 34 No. 9

Yun, Z., & Good, L.K. 2007. Developing Customer Loyalty From E-Tail Store Image Attributes. Management and Service Quality, 17(1), 4-22.

Zeithaml, V. A. dan Bitner, M. J. 2003, Service Marketing (3rd ed.),Tata McGraw Hill, New Delhi.

Downloads

Published

2021-05-10

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 554 times