STRATEGI PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HANDPHONE VIVO MELALUI ANALISIS SWOT (Studi Kasus Konter Duta Ponsel X-tra Kota Bengkulu)

Authors

  • Carinhe Rosa Ismardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Islamuddin Islamuddin

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v2i2.1572

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan duta ponsel x-tra Bengkulu dalam meningkatkan volume penjualan handphone Vivo melalui analisis Swot. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah owner dan karyawan Duta Ponsel X-Tra Bengkulu yang tepatnya berada di Jl. Kalimantan (Rawamakmur). Metode penarikan sampel mengunakan teknik  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang mengacu pada konsep 4P (Produk, Price, Promotion, Place) selanjutnya digunakan analisis SWOT yaitu dengan mengamati kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Teknik Analisis Data Matriks EFE MATRIKS IFE Matriks IE.  Perhitungan matrik EFAS sebesar -0,95 dan matrik IFAS sebesar +2,06 yang kemudian digambarkan dalam analisis SWOT, maka dapat diketahui konter Duta Ponsel X-tra Kota Bengkulu berada pada kuadran II. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan ini kuat namun menghadapi tantangan yang besar sehingga memerlukan strategi dengan cara diversifikasi strategi. maka peneliti membatasi dan membahas mengenai strategi peningkatan volume penjualan handphonee Vivo melalui analisi Swot pada konter Duta Ponsel X-tra Kota Bengkulu.

 

Kata kunci : Strategi, Analisis IFAS dan EFAS, Analisis SWOT

References

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta:Rineka Cipta, 2008

Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, KebijakanPublik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Erwinsyah Rizkan Fahlevi, and RR. Siti Munawaroh. 2016. “April 2016, Volume 17 Nomor 1.†Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Jadi 17(April): 9–16

FandiTjiptono,Strategi Pemasaran,Cet.Ke-II(Yogyakarta:Andi,2000)hal:17

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama, 2004), h18-19

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama, 2004), hal 20 HariSuminto,Pemasaran Blak-blakan, (Batam:InterAksara,2002), hal:20

Hakim Simanjuntak. 2013. “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Yamaha Sudirman Motor Temanggung Tugas.†Program Studi Akuntansi Diploma Iii Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2014: 29.

Hasanah, Nurul. 2019. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Yamaha Suryanata Motor Amuntai.†Inovatif 1(1): 30–45.

Http://blog.docoblast.com/2016/09/28/diagram-analisis-swot/

Ii, B A B, and A Manajemen Strategi. “R. Edward Freeman, Manajemen Strategik , (Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo), Hal. 144 16.†Manajemen Strategik: 16–70.

Indrianawati Usman, (2003). Manajemen stratejik. Gambar Diagram Matriks SWOT Jakarta: Universitas Terbuka

Islamuddin, I., & Depa, R. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Di Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Apple Yang Di Mediasi Word Of Mouth Marketing (Studi Kasus Pada Queeniphone Bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (Jam-Ekis), 4(1).

Islamuddin, I., & Ranidiah, F. (2020). Perencanaan Strategi dalam Menghadapi Persaingan Industri Media Televisi Lokal (Studi Pada RB TV Bengkulu). Liquidity, 9(1), 52-62.

Makmur, and Saprija. 2015. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian).†Jurnal Ilmiah

Cano Ekonomos 3(1): 41–56.

(Rangkuti, 2004. 2015. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt Hatni ( Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia ) Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur.†Jurnal Ecsofim V Vol. 3 No.: 15–26

Sari, Indra Anjang, and Harsuko Riniwati. 2015. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt Hatni ( Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia ) Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur.†Ecsofim Vol. 3 No.: 1–26.

Sondang P.Siagian, manajemen strategik, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2000) hal 173

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Tjiptono fandy, Ph.D. "Srategi pemasaran Edisi 4 - Ed. IV.- Yogyakarya

Walker Boyd dan Larrenche, manajemen pemasaran :suatu pendekatan strategis dengan orientasi global, edisi kedua (jakarta : erlangga, 2000), hal : 29

Downloads

Published

2021-05-03

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 493 times