ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BATU COBEK DI KECAMATAN TABA PENANJUNG BENGKULU TENGAH

Authors

  • Rama Jayadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v2i2.1550

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk  menganalisis Keputusan Konsumen dalam Pembelian Batu Cobek di Kecamatan Taba Penanjung Bengkulu Tengah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen dalam pembelian batu cobek,  sebanyak 150 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Aksidental  sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor budaya  sosial, pribadi  dan psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen batu cobek di Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah.

 

References

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Cohen, Girish Prayag & Miguel Moital. 2014. Consumer behaviour in tourism: Concepts,influences and opportunities, Current Issues in Tourism, 17:10, 872-909, DOI: 10.1080/13683500.2013.850064

Adhi, Imam Ahmad, Maria Goretti Wi Endang NP, and Pravissi Shanti. "Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2)."Jurnal Administrasi Bisnis30.1 (2016): 35-43.

Arida, N. K. 2009. Meretas Jalan Ekowisata Bali Proses Pengembangan, Partisipasi Lokal dan Tantangan Ekowisata di Tiga Desa Kuno Bali. Denpasar: Udayana University Press.

Arsy, Rakhmat Mokhtar An., 2012, Pengaruh Faktor Budaya, Soaial, Pribadi dan Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Yamaha. (Study kasus pada PT. Tunas Kencana Data Bekasi).

Correia, A. dan G. I. Crouch.2008. A Study of Decision Processes. Andi. Yogyakarta.Diamantis, D. 2004. Ecotourism: Management and Assesment. London: Bahari & Ashoer78Thomson Learning.

Beby Karina Fawzeea., 2012, Analisis Pengaruh Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Pada Konsumen Kentucky Fried Chicken (KFC) Walikota Medan.

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 2012, Principles of Marketing, 14th Ed, Prentice Hall,Jakarta.

Magdalena, Pipit Amelia., 2012, Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Proses Keputusan Pembelian Susu Formula Anak (Balita) di Kota Malang, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang, Jurnal Skripsi FEBUB.

Mondal, S. 2015. Tourists SPOT Buying Behavior: An Analytical Study. Journal of Tourism & Hospitality, 2015.

Morrison, A. 2008. Hospitality and Travel Marketing. Edisi Kelima. Ahli Bahasa Sulistiyani. Salemba Empat. Jakarta. Oetarjo, Mas. "Pengaruh Prilaku Konsumen Terhadap Minat Berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan."Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo(2013).

Okkysantria, Dyca., 2014, Analisis Pengaruh Kebudayaan, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Konsumen Usia Muda Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Mcdonald’s (Studi Pada Konsumen Mcdonald’s Watugong Malang), Jurnal Skripsi FEBUB.

Omondi, S. 2017. Determinants of Consumer Buying Behaviour for The Domestic Tourists in Kenya. Tesis United States International University Africa. Diakses 20 Maret 2018.

Rahman, Muh. Akil. (2016, June). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Lewat Internet di Kalangan Mahasiswa. In Assets (Vol. 6, No. 1, pp. 103-115).

Rahman, Muh. Akil., & Taning, M. (2015). Pengaruh Customer Relationship terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. BANK Mandiri (Persero) Tbk Cabang Cokroaminoto Makassar. Jurnal Manajemen Ide dan Inspirasi,2(2), 50-67.

Sriwardiningsih. (2006). “Pengaruh Perilaku Pembelian Mahasiswa Terhadap Keputusan Pembelian Komputer NoteBookdi Lingkungan Mahasiswa Binus Internationalâ€. Jurnal Ekonomidan Bisnis (Vol, 11. Nomor 1). Hlm. 65-78.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Jakarta: PT. Alfa Beta.

Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarata: Andi.

Downloads

Published

2021-04-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 200 times