PENGARUH KOMPENSASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT. BUKIT ANGKASA MAKMUR BENGKULU (Studi Kasus Karyawan Produksi PT.BAM Bengkulu)

Authors

  • Nurhasanah Lubis univeritas muhammadiyah bengkulu
  • Onsardi Onsardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v2i2.1549

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh Kompensasi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover intention Pada PT. Bukit Angkasa Makmur Bengkulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pengaruh Kompensasi, Komitmen Organisasi  dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover intention Pada PT. Bukit Angkasa Makmur Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh Kompensasi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover intention Pada PT. Bukit Angkasa Makmur Bengkulu.

Penelitian ini dilakukan pada karyawan Bagian Produksi PT. Bukit Angkasa Makmur Bengkulu. Sedangkan waktu penelitian ini dilakukan selama 1 bulan yakni pada 1 desember 2020 sampai dengan 1 januari 2021. Adapun populasi dari penelitian ini adalah karyawan pada PT. Bukit Angkasa Makmur Bengkulu, sedangkan sampel penelitian ini adalah karyawan Bagian Produksi PT. Bukit Agkasa Makmur Bengkulu yang berjumlah 113 orang. Hal ini berarti bahan sampel menggunakan metode kuantitatif.

Dengan teknik analisis data uji penelitian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi responden tentang Kompensasi (X1), Komitmen Organisasi (X2) dan Kepuasan Kerja (X3) berpengaruh terhadap Turnover intention (Y) dengan Hasil regresi linier berganda didapat persamaan sebagai berikut : Y = -2.777 – 0.246 ( ) – 0.367 (X2) – 0.553 (X3) serta koefisien determinasi sebesar R2 = 0,852 atau sekitar (852%) melalui uji hipotesis secara bersama-sama (simultan) dan sendiri-sendiri (parsial) dalam penelitian ini dengan menggunakan uji f dan uji t, Kompensasi (X1), Komitmen Organisasi (X2) dan Kepuasan Kerja (X3), = 0.000, itu berarti nilai fsig<0.05 menunjukkan secara bersama-sama dan yang berpengaruh yang signifikan.

 

Kata kunci : Kompensasi, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja

                        Turnover intention

References

Akbar, P. dan Usman, H. (2009). Metode penelitian social. Jakarta: Bumi Aksara

Andriani, C., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kompensasi, Pelatihan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Marketing. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2).

Ariana, I WayanTresna dan I Gede Riana.(2013). “Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Cendana Resort&SpaUbud, Gianyarâ€.E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2 (1)

Asmawi, M. (2017). The effect of compensation, empowerment, and job satisfaction on employee loyalty. International Journal of Scientific Research and Management, 5(12), 7590-7599.

Handoko, T. Hani.2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedelapan Belas, Edisi Kedua, Yogyakarta: BPFE

Hani Handoko. (2002). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Husein Umar. (2011). Metode Penelitian Skripsi dan Tesis Bisnis.Jakarta: Rajawali Pers

Johannes, Edward, dan MucbidRofi'i. 2014. “Pengaruh Kompensasi dan Iklim Organisasi terhadap Turnover intention dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel Intervening". Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 2, No. 2, Tahun 2014.

Mobley, W. H. (1986). Pergantian Karyawan : Sebab-Akibat Dan Pengendaliannya. Jakarta : PT Pustaka BinamanPressindo.

Nitisemito, Alex S. 1992. Manajemen Personalia.Ghaila Indonesia: Jakarta.

Onsardi, O. (2018). Loyalitas Karyawan pada Universitas Swasta di Kota Bengkulu. COSTING: Journal of Economic, Bussines and Accounting, 2(1), 1-13.

Sigi Ansyar. (2015). “Pengaruh Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja, dan Kompensasi terhadap Turnover intention Karyawan Warung Kopi Mato dan Secangkur Jawa di Yogyakartaâ€.Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Utami, Intiyas dan Bonussyeani, Nur EndahSumiwi.(2009). “Pengaruh Job Insecurity, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Keinginan Berpindah Kerjaâ€.Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Vol.6 No.1 Juni 2009. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Downloads

Published

2021-04-28

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 3660 times