PENGARUH SERVICE RECOVERY DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada Pelanggan Enggano Department Store)

Authors

  • Shella Agustina Agustina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Ekowati Ekowati Muhammadiyah University of Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jamekis.v5i2.3460

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service recovery terhadap kepuasan pelangganEnggano Department Store.Untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pelangganEnggano Department Store.Untuk mengetahui pengaruh service recovery dan relationship marketing terhadap kepuasan pelangganEnggano Department Store.Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggandiEnggano Department Store). sampel berjumlah 100 orang pelanggan yang ada pada saat peneliti melakukan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Service Recovery Dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Enggano Department Store. Terdapat pengaruh positif dan signifikanservice recovery (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) Enggano Department Store Kota Bengkulu artinya semakin tinggi service recovery maka kepuasan pelanggan juga akan meningkat. Terdapat pengaruh Relationship Marketing (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) Enggano Department Store Kota Bengkuluartinya semakin tinggi relationship marketing maka kepuasan pelanggan juga akan meningkat. Terdapat pengaruh service recovery dan relationship marketing bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Enggano Department Store Kota Bengkulu.

Published

2022-08-05
Abstract viewed = 63 times