PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi Kasus Pada Toko Roti Panggang Banjar di Sawah Lebar Kota Bengkulu)

Authors

  • Adi Sismanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Anggun Tarisa Muhammadiyah University of Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jamekis.v5i2.3391

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja usaha pada Toko Roti Banjar Sawah Lebar Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan analisis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Roti Banjar Sawah Lebar Bengkulu dan pengambilan sampel menggunakan metode total sampling yang berjumlah 100 orang. Berdasarkan hasil regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi adalah Y = 0,754+0,779 (X_1) + 0,265 (X_2). Hasil penelitian dan hipotesis menunjukkan bahwa orientasi pasar (X_1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis yaitu t_hit>t_(α/2) (11,266>1,984) dan (sig = 0,000< 0,050), Inovasi produk (X_2) berpengaruh signifikan berpengaruh terhadap kinerja bisnis yaitu t_hit>t_(α/2) (3,680>1,984) dan (sig = 0,000 < 0,050). Secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis. Secara parsial variabel orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha yaitu F_hitung>F_tabel (192.273>2.102) dan (sig = 0,000 < 0,050).

Published

2022-08-05 — Updated on 2023-03-16

Versions

Abstract viewed = 39 times