DETERMINAN MINAT NASABAH TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL QIRADH BAITURRAHMAN BANDA ACEH

Authors

  • Annisa Chairina Lasa Universitas Syiah Kuala
  • Muhammad Haris Riyaldi Universitas Syiah Kuala, Indonesia
  • Teuku Muhammad Syahrizal Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.36085/jamekis.v5i2.2898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas, promosi, pendapatan, dan pemahaman terhadap minat nasabah yang mengambil pembiayaan murabahah di Baitul Qiradh Baiturrahman Banda Aceh. Berdasarkan 96 kuesioner yang disebar kepada responden, dengan menggunakan teknik stratified random sampling dan dianalisis menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas, pendapatan, pemahaman dan promosi berpengaruh secara simultan. Namun, secara parsial religiusitas, pendapatan dan pemahaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah untuk mengambil pembiayaan murabahah di Baitul Qiradh Baiturrahman Banda Aceh, sedangkan promosi tidak berpengaruh.

References

Adiyanto, MR., Purnomo, ASD. (2021). Dampak Tingkat Literasi Keuangan Syariah terhadap Minat Menggunakan Produk Keuangan Syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1).

Agung, Maghfirah S. (2019). Pengaruh Pendapatan dan Tanggugan Keluarga Terhadap Kelancaran Pembayaran Pembiayaan di PT. BPRS Muamalat Harkat Sukaraja (Studi Pada Nasabah Pembiayaan PT. BPRS Muamalat Harkat Sukaraja). Bengkulu: Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri IAIN Bengkulu.

Ancok, D., dan Suroso, F. N. (2015). Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andreoni, J., Harbaugh, W & Vesterlund, L. (2003). The Carrot or the Stick: Rewards, Punishments, and Cooperation. American Economic Review, 93: 893-902.

Andri, S. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Pranada Media.

BPS. (2019). Banda Aceh Dalam Angka. Banda Aceh: Badan Pusta Statistik.

Faizah, U., Afif, MNI, Ali, MM. (2018). Pengaruh Promosi terhadap Preferensi Produk Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Pati). Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 7(2).

Febriyanto, dkk. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis melalui Penggunaan Media Kantong bergambar pada materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol.4, No.2.

Hawari, D. (2002). Dimensi Religi dalam Praktek Psikiatri dan psikologi. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Jalaluddin. (2010). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Jihad, A. dan Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jogjakarta: Multi Presindo.

Kotler, P. & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jakarta: PT.Prenhallindo.

Majid, M., Faisal, F., Fahlevi, H., & Hafasnuddin, H. (2021). Decision Making and Patronage Behaviour in Islamic Co-operatives in Aceh, Indonesia. JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, 14(2). doi:https://doi.org/10.15294/jejak.v14i2.31621

Munawwaroh, LY. (2018). Pengaruh Pendapatan Nasabah dan Tingkat Margin Terhadap Minat Nasabah Memilih Pembiayaan Murabahah Pada BMT Makmur Sejahtera Wlingi Blitar. Skripsi. IAIN Tulungagung.

OJK. (2020). Statistika Perbankan Syariah. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Perry, V. G., & Morris, M. D. (2005). Who Is in Control? The Role of Self-Perception, Knowledge, and Income in Explaining Consumer Financial Behavior. Journal of Consumer Affairs, 39(2), 299–313. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2005.00016.x

Rahman, S. A., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Rouf, Abdul M. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat di Rumah Zakat Cabang Semarang. Semarang: Program Sarjana Instiut Agama Islam Negeri Walisongo.

Sabrina, S., & Majid, MSA. (2020). The Reluctance Phenomenon of Islamic Banks to Offer Profit-Loss Sharing Financing. JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, 13(2). doi:https://doi.org/10.15294 /jejak. v13 i2.23891

Selang, Christian A.D. (2013), “Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Freshmart Bahu Manadoâ€. Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 3, pp. 71 – 80.

Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu’i atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Sofiani, T. (2014). Konstruksi Norma Hukum Koperasi Syariah dalam Kerangka Sistem Hukum Koperasi Nasional. Jurnal Hukum Islam, 12.

Syaputra, Adji. 2014. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Masyarakat Muslim terhadap Koperasi Konvensional dan Koperasi Syariah. Skripsi. Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah.

Tarvi, A. dan Sartiyah. (2019). Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Religiusitas terhadap Persepsi Masyarakat pada Pembiayaan Murabahah di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI), 1(1).

Umar, H. (2002). Metodologi Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran Edisi II, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Published

2022-08-05 — Updated on 2023-03-16

Versions

Abstract viewed = 140 times