PENGARUH SUPLEMENTASI MINERAL PROTEINAT DALAM RANSUM BERBAHAN TEPUNG BIJI DURIAN (Durio zibethinus Murr) TERHADAP ORGAN DALAM AYAM BROILER

Authors

  • Eka Puspa Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Lezita Malianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jinak.v1i1.1421

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi mineral Zn dan Cr proteinat dalam ransum yang berbahan tepung biji durian (Durio zibethinus Murr) terhadap organ dalam ayam broiler. Penelitian dilaksanakan pada April – Juli 2014 di Jalan Merpati 5 No 41A RT 8 Rawa Makmur Bengkulu dan Balai Pembibitan Ternak dan Inseminasi Buatan,  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan lima ulangan. Parameter yang diamati proventrikulus, ventrikulus, usus halus, pankreas dan hati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi mineral proteinat dalam ransum berbahan tepung biji durian (Durio zibethinus Murr) tidak mempengaruhi persentase bobot proventrikulus, usus halus, pankreas dan hati.

 

Kata Kunci : suplementasi, Zn, Cr, Durio zibethinus Murr

References

DAFTAR PUSTAKA

Georgievskii, V. I. 1982. Mineral Nutriition of Animal. Edisi-4. Terjemahan: D. Srigando dan K. Praseno. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Hasanah, S. 2002. Pengaruh Pemberian Silase-Tape Ubi Kayu terhadap persentase Berat Kerkas, abdomen dan organ dalam ayah pedaging. Skripsi. Fakultas Pertanian Bogor. Bogor.

Hidayatullah, D. 2013. Pemanfaatan Tepung Biji Durian (Durio Zibethnus Murr) dan supleentasi protein terhadap oarganisasi dalam. Fakultas pertanian Universitas.

Laboratorium Balai Penelitian Pasca Panen Pertanian Bogor. 2013. Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pakan IPB Bogor dan Laboratorium Nutrisi Ternak Perah Institut Pertanian Bogor (2013).

Leeson, S. dan J. D. Summer. 1997. Nutrision of the Chicken. 4 Edition University Books, Canada.

Murray, R.K. 1997. Biokimia Harfer. Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

North, M.O. 1984. Commercial Chicken Production Manual. 3 rd Ed. Avi Publishing Company, inc, Calipornia.

Pilliang, W.G. 1997. Nutrisi Mineral. Edisi II. Penerbit Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Steel R.G dan J. H Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika. Diterjemahkan oleh Bambang Sumantri. Gramedia. Jogjakarta.

Sturkie, P.D. 2000. Avian Psiology, Edisi ke-15. Spinger-Verlag, New-York.

Downloads

Published

2021-02-14
Abstract viewed = 297 times