KANDUNGAN GIZI DAN INKORPORASI MINERAL Zn (seng) ORGANIK PADA MEDIA YANG BERBAHAN DASAR JAGUNG

Authors

  • Dino Adikusuma Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sunaryadi Sunaryadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jinak.v1i1.1420

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan gizi dan inkorporasi mineral Zn (Seng) pada media yang berbahan dasar jagung. Penelitian ini dilaksanaan pada Mei – Juni 2015 dan di Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan analisis proksimat di Pusat Antar Universitas (PAU) Institut Pertanian Bogor. Parameter yang diamati selama penelitian berupa protein, lemak, serat kasar, abu dan kadar air. Rancangan percobaan yang digunakan adalah  menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan sehingga terdapat 15 unit percobaan. Pada penelitian ini penambahan mineral Zn baiknya digunakan sebanyak 2 gr karena Zn dibutuhkan dalam jumlah sedikit akan tetapi mutlak harus ada di dalam pakan, karena Zn tidak bisa dikonversi dari zat gizi lain. Mineral Zn harus mutlak ada dalam jumlah sedikit dan apabila berlebihan maka akan menyebabkan keracunan pada ternak.

 

Kata kunci : inkoporasi, Zn, zat gizi, dikonversi

References

DAFTAR PUSTAKA

Ardhana, M. 1982. The Microbial Ecology og Tape Ketan Fermentation. Thesis. The University of New South Wales University, Sydney.Buckle, K.A., R.A.Edwards., G.H. Fleet andM. Wootton, 1987. Ilmu Pangan. Terjemahan H. Purnomodan Adiono. UI – Press, Jakarta.

Estiasih, Teti dan Ahmadi Kgs.2009.Teknologi Pengolahan Pangan.Jakarta: Bumi Aksara.

Kamal, M. 1998. Nutrisi Ternak I. Rangkuman. Lab. Makanan Ternak , jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, UGM. Yogyakarta.

Mirwandhono, E. Zulfikar, S. 2004. Pemanfaatan Hidrolisat Tepung Kepala Udang Dan Limbah Kelapa SawitYang Difermentasi Dengan Aspergillus Niger, Rizhopus Oligosporus Dan Thricordema Viridae Dalam Ransum Ayam Pedaging. Fakultas Pertanian Universitas Sumatra Utara.

Miyahara, T., N. Satoru, T. Kaji, H. Yamada, M. Takeuchi, M. Mori and H. Kozuka. 1966. The synthesis of metallothioninlike Protein containing zinc in liver of rat after administration of calcium and calcitonin. Toxicol. Lett., 31: 113-123

Paik. 2001. Evaluated the utilization of organic zinc, copper, and. Fernandes JIM 1. Murakami AE2.

Poesponegoro, M., 1975. Makanan Hasil Fermentasi. Laporan Ceramah Ilmiah. Lembaga Kimia Nasional. LIPI,. Bandung.

Rizal, Y., Y. Marlinda., N. Farianti dan D. P. Sari. 2006. Pengaruh Fermentasi Dengan Trichoderma viridae terhadap Penyusutan Bahan Kering dan Kandungan Bahan Organik, Abu, Protein Kasar, Lemak Kasar dan HCN Daun Ubi Kayu Limbah Isolasi Rutin. Stigma Volume XIV (1)..

Steel, R.G.D dan J.H Torrie. 1991. Prinsip dan Prosedur Statistika Suatu Pendekatan Biometri(Terjemahan: Bambang Sumantri). Jakarta: PT. Gramedia. .

Tanaka, S., E. Takakahashi, T. Matsui and H. Yano. 2001. Zinc promotes adipocyte differentiation in vitro. Asian-aust. J. Anim. Sci. 14(7): 966-969.

Downloads

Published

2021-02-14
Abstract viewed = 451 times