JURNAL ILMIAH IDEA http://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea <p>Jurnal Sosiologi</p> <p><strong>Jurnal Ilmiah IDEA </strong> diterbitkan Oleh Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu dalam setahun yakni periode Januari-Juni dan periode Juli-Desember, dalam versi cetak dan online.</p> <p>Tulisan yang dimuat belum pernah diterbitkan di jurnal manapun sebelumnya</p> en-US lestiheriyanti@umb.ac.id (Lesti Heriyanti, MA) netisusanti@gmail.com (Neti Susanti, M.Si) Tue, 07 Feb 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 REPRESENTASI MAKAN ENAK DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Studi Pada : Akun Instagram @Bengkuluculinary http://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/4825 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media sosial berperan dalam refresentasi makan enak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>uses and gratification. </em>Pemilik akun Instagram <a href="mailto:@bengkuluculinary">@bengkuluculinary</a> menggunakan Instagram sebagai media untuk bisa merepresentasikan mengenai produk yang layak dan enak untuk di konsumsi serta menajdikan Instagram sebagai media promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitaitf dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpuland ata dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : media sosial Instagram mampu menjadi salah satu media promosi dengan mengedepankan tampilan visual dengan keterangan atau <em>caption </em>serta menonjolkan kekuatan pada foto dan video yang mampu memberikan daya Tarik dari produk dan tempat yang di <em>review. </em>Representasi pada gambar menjelaskan mengenai realitas yang ditampilkan melalui kode-kode, symbol, makna dan tanda yang ditampilkan melalui foto dan video yang di upload oleh akun intagram <a href="mailto:@bengkuluculinary">@bengkuluculinar</a>y. Representasi makan enak telah di gambarkan oleh akun instagram <a href="mailto:@bengkuluculinary">@bengkuluculinar</a>y, setiap foto video , <em>feed </em>dan instastory telah menggambarkan realitas makan enak yang menarik untuk bisa di kunjungi dan di nikmati. Adapun cara yang dilakukan sehingga produk yang di <em>review </em>menjadi bahan pertimbangan pembeli untuk bisa tertarik adalah sebagai berikut: 1.Detail tampilan pada foto 2.Keterangan pada foto (caption), 3.Stabil memposting produk4.Promosi terbaru</p> Hafri Yuliani, Eceh Trisna Ayuh, Ledyawati Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH IDEA http://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/4825 Sat, 25 Feb 2023 00:00:00 +0000 ARAH DEMOKRASI IDEAL INDONESIA BERBASIS KEANEKARAGAMAN ETNIS http://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/4828 <p>Indonesia sebagai salah satu negara dengan keragaman etis terbesar di dunia memiliki beragam persoalan dalam mengedepankan proses demokrasi ditengah kondisi yang sangat heterogen. Perkembangan demokrasi seringkali mengalami guncangan pada saat dihadapkan pada persoalan sentiment etnisitas yang masih sering etradi sebagai suatu dinamika dalam politik di Indonesia. Kajian tulisan ini bertujuan untuk menganalisis arah demokrasi ideal di Indonesia dalam pandangan pemikiran berbagai ahli. Metode penulisan dilakukan dengan studi pustaka bersumber dari jurnal dan buku literature. Hasil kajian mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia yang heterogen merupakan potensi yang besar sebagai modal pembangunan demokrasi Indonesia, namun juga menyimpan potensi konflik karena keragaman etnis yang dimiliki.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci : demokrasi, etnis, Indonesia</p> Lesti Heriyanti, Siti Baroroh Copyright (c) 2022 JURNAL ILMIAH IDEA http://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/4828 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0000 PENYELESAIAN PELANGGARAN LALU LINTAS SECARA DAMAI DI BENGKULU TENGAH PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM http://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/4799 <p>Sosiologi hukum pada dasarnya menitikberatkan tentang bagaimana hukum melakukan interaksi didalam masyarakat. Sosiologi hukum berusaha untuk menjelaskan praktek hukum terjadi, sebab-sebabnya, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya, latar belakangnya, dan sebagainya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa factor factor yang mempengaruhi penyelesaian pelanggaran lalulintas secara damai di Bengkulu Tengah perspektif Sosiologi Hukum<strong>. </strong>Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptis, dengan pendekatan yuridis sosiologis yaitu mendasarkan pada fenomena atau kejadian yang secara fisik terjadi dalam masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan factor factor yang melatarbelakangi penyelesaian pelanggaran lalulintas secara damai yaitu; factor kultur/budaya atau kebiasaan masyarakat, factor ekonomi, factor kedekatan emosional, factor kemalasan, factor kesibukan, sikap acuh terhadap peraturan dengan mengambil Langkah mudah dengan menyodorkan uang kepada petugas kepolisian.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>K</strong><strong>ata Kunci : Sosiologi Hukum, Pelanggaran Lalulintas, Damai.</strong></p> Betra Sarianti Copyright (c) 2022 JURNAL ILMIAH IDEA http://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/4799 Sat, 25 Feb 2023 00:00:00 +0000 KONSEP CANTIK DAN REALITAS KECANTIKAN BENTUKAN MEDIA http://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/4811 <p>Media memiliki peran dalam pembetukan konsep “cantik” pada khalayak yang berujung pada konstruksi realitas kecantikan yang mana merupakan hasil dari bentukan media. Realitas kecantikan ideal kemudian menjadi “standar” bagi perempuan dan dianggap sebagai sebenar-benarnya realitas karena besarnya pengaruh media. hal ini pada dasarnya dikarenakan konsep “cantik” dan “kecantikan” tanpa disadari tertanam dan dipahami kemudian disepakati sebagai sebuah standar yang tanpa disampaikan secara lisan pun hal tersebut tergambarkan dari bagaimana media menggambarkan kecantikan dengan menampilkan orang-orang yang memiliki kriteria tertentu. Kritik atas standar kecantikan bentukan media pun banyak disampaikan dan dituangkan dalam konten media sosial, sehingga mulai ada perubahan-perubahan dalam cara pandang untuk menetapkan standar “cantik” dan “kecantikan”, meskipun demikian konsep cantik dan standar kecantikan tersebut tidak berlari jauh dari konsep yang sebelumnya tentang “cantik” dan kecantikan” dimana putih, tinggi, lansing masih menjadi tolak ukur pertama dalam memandang kecantikan seseorang. Lagu All About that Bass yang pernah dibawakan oleh penyanyi Manca Negara Meghan trainor menjadi bentuk suara yang berusaha mengubah pandangan tentang konsep “cantik” dan “kecantikan”, dimana konsep cantik dan kecantikan tersebut adalah narasi modern yang berusaha dipatahkan melalui pesan yang berusaha disampaikan melalui sebuah karya seni.</p> <p>Kata kunci : Konsep, cantik, realitas, media.</p> <p><strong> </strong></p> Fitri Yuliani, Juliana Kurniawati, Mely Eka Karina Copyright (c) 2022 JURNAL ILMIAH IDEA http://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/4811 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0000