MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI DENGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA METERI NILAI DAN NORMA SOSIAL

Authors

  • Nurlianti MAN 1 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v2i2.4947

Abstract

Metode mengajar merupakan sarana interaksi guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Metode pembelajaran yang baik adalah metode yang mampu membawa siswa untuk mencapai suatu tujuan pendidikan dan melatih kemampuan siswa dalam berbagai kegiatan Selain itu penerapan metode mengajar dapat menghindari rasa bosan siswa terhadap pelajaran dan siswa dapat merasakan penyampaian dalam situasi yang berbeda. Banyak model pembelajaran yang telah disampaikan oleh para ahli, masing-masing model akan memiliki kelebihan dan kelemahan. Guru harus piawai dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Berdasarkan latarbelakang tersebut masalah yang diajukan adalah “apakah menggunakan pendekatan metode direct instructional dapat meningkatkan prestasi belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan penggunaan pendekatan metode direct instructional dalam meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian sebagaimana tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa metode direct instructional adalah sebuah metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Nilai assesmen sebelum dilakukan penelitian berada pada rerata nilai 74, 27 dan setelah dilakukan penelitian pada siklus ke 1 dengan rerata nilai 76,80 atau 82,97 pada siklus ke 2.

 

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Direct Instructional, Prestasi Belajar

Downloads

Published

2022-10-24
Abstract viewed = 25 times