UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERAGAMA SISWA DI MTS PANCA MUKTI BENGKULU TENGAH

Authors

  • Syubli Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Surohim Surohim Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Imam Ahmad Amin AR Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v2i2.4899

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dan faktor-faktor apa yang mendukung dan penghambat serta bagaimana upaya guru pendidikan agama islam mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan kompetensi beragama siswa di MTs Panca Mukti Bengkulu Tengah. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif, memperoleh dan mencari data dalam penelitian ini, maka penulis menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik wawancara tak berstruktur penulis tunjukan kepada Guru PAI, Kepala Sekolah, dan Siswa.

Berdasarkan hasil wawancara dan analisis yang di lakukan, bahwa upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi beragama Siswa di MTs Panca Mukti Bengkulu Tengah yakni Meningkatkan pengetahuan agama siswa, meningkatkan pemahaman agama siswa, sehingga mereka mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran yang disampaikan, meningkatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan secara praktik tentang tugas atau pekerjaan yang diberikan kepadanya, meningkatkan norma-norma yang baik terhadap diri siswa, yakni dengan cara menuntun mereka, baik dari segi akhlak maupun dalam melaksanakan tugas-tugas, meningkatkan pandangan yang baik kepada siswa, baik itu berkenaan dengan rasa senang atau tidak terhadap sesuatu Meningkatkan motivasi siswa untuk melakukan aktivitas tertentu. yaitu  seperti: kegiatan rohis, muhadarah, pembelajaran baca tulis iqra dan Al-qur’an.

Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, kompetensi Beragama Siswa

Downloads

Published

2022-10-10
Abstract viewed = 21 times