UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR KELAS V DI SD NEGERI 08 PENARIK KABUPATEN MUKOMUKO

Authors

  • Sugianto SD N 08 Penarik Kec.Penarik Kab.Mukomuko

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v2i2.4897

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui  upaya sekolah dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar kelas v di sd negeri 08 Penarik Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.

Penelitian ini menunjukkan, bahwa  upaya sekolah dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar kelas v di SD Negeri 08 Penarik yaitu: Pembiasaan sholat dhuha, bimbingan konseling, ekstrakurikuler, budaya literasi, dan Sanksi Akademik yang diterapkan. dengan strategi-strategi dan membuat alternatif  kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat peserta didik dalam menjalankan tata tertib dan ingin selalu berlomba dengan sesama  teman-temannya dalam menjaga dan bersikap disiplin baik disekolah maupun dirumah, adapun strategi  yang ditetapkan adalah sebagai berikut: Memberikan pekerjaan rumah (pr), Membagi jadwal piket kelas, Memberikan sanksi bagi peserta didik yang melanggar peraturan, sedangkan  alternatif kegiatan yang dilakukan yaitu: kegiatan Pembiasaan, Pemberian reward dan punishment, Slempang Duta Siswa disiplin, dan pemberian bendera pada kelas yang selalu disiplin dalam melaksanakan kegiatan yang ada disekolah.

            Hasil penelitian ini menunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik kearah yang lebih baik dengan mencerminkan kebiasaan mematuhi peraturan-peraturan yang ada di sekolah.

 

Kata Kunci: Upaya Sekolah, Karakter Disiplin.

Downloads

Published

2022-10-10
Abstract viewed = 15 times