PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 25 BENGKULU SELATAN

Authors

  • Oka Syahda UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Mindani UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Rossi Delta Fitrianah UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v2i2.4894

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial youtube terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Peneliti mengambil kelas VII untuk dijadikan sampel penelitian berjumlah 48 orang siswa. 24 siswa kelas A sebagai kelas kontrol dan 24 siswa kelas B sebagai kelas eksperimen.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik tes soal, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan dokumentasi. Tes soal ditujukan kepada siswa untuk mencari data hasil belajar PAI yang menggunakan media sosial youtube. Berdasarkan hasil penelitian, pada variabel x (penggunaan media sosial youtube ) dan variabel y (hasil belajar PAI) diuji hipotesisnya menggunakan rumus regresi linier dan diperoleh hasil konstanta sebesar 81,572. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 24 siswa. Berdasarkan T hitung yaitu 8,036 dan T tabel yaitu 1,717 sehingga dapat disimpulkan yaitu Ho ditolak dan Ha diterima, yang bearti ada pengaruh penggunaan media sosial youtube terhadap hasil belajar siswa kelas VII  B SMPN 25 Bengkulu Selatan pada pembelajaran PAI.

 

Kata Kunci      : Media Sosial Youtube, Hasil Belajar

Downloads

Published

2020-10-10
Abstract viewed = 78 times