Meningkatkan Konsentrasi Siswa pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Berdasarkan Pandangan Islam

Authors

  • Vida Mahdalena Humaedi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sonya Iklima Maulida Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dita Amalia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Muhammad Thariq Aziz Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v2i1.3514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan konsentrasi siswa berkebutuhan khusus dalam praktif pendidikan inklusi disekolah dasar serta bagaimana pandangan Islam terhadap pendidikan inklusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian meningkatkan konsentrasi siswa pada pendidikan inklusi di sekolah dasar berdasarkan perspektif islam menunjukkan bahwa tidak hanya satu macam siswa yang berkebutuhan khusus didalam sebuah sekolah, tetapi terdapat beberapa macam salah satunya autis. Adapun konsep bahan ajar untuk meningkatkan kosentrasi siswa pada pendidikan inklusi, yakni: (1) menyusun strategi pembelajaran yang tepat untuk siswa berkebutuhan khusus dengan mencari berbagai referensi yang aktual (2) menganalisis serta menggunakan Teori belajar dan Indikator konsentrasi belajar (3) guru belum bisa mengembangkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan konsentrasi siswa berkebutuhan khusus (4) guru membutuhkan bahan ajar yang lengkap untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar dengan siswa berkebutuhan khusus.

Kata kunci: Konsentrasi, pendidikan inklusi, sekolah dasar, pandangan islam.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 222 times