Kajian Kompetensi Paedagogik Guru Ips Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 2 Ulu Musi Kabuten Empat Lawang

Authors

  • Henti Teja Utami SMAN 2 Rujukan Muara Beliti

Abstract

Tujuan yang penting dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1)Bagaimana kompetensi paedagogik guru IPS. 2) Apa hambatan guru IPS dalam melaksanakan kompetensi paedagogik. 3)Bagaimana upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui kompetensi paedagogik . Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Kompetensi paedagogik guru IPS sudah cukup baik hal ini dibuktikan dengan sudah cukup menguasai tiap-tiap indikator kompetensi paedagogik. 2) Hambatan guru IPS dalam mengimplementasi kompetensi paedagogik ialah masih ada guru tidak memahami wawasan dan landasan kependidikan, masih ada siswa yang belum begitu aktif dalam proses pembelajaran, waktu dalam membuat prangkat pembelajaran sangat singkat, kesulitan dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya pemahanam siswa terhadap soal analisa, kurangnya fasilitas yang dapat menunjang guru dalam meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru IPS. 3) Guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di melalui kompetensi pedagogik ialah memberikan motivasi kepada siswa, mempersiapkan bekal ajar untuk siswa, membuat rancangan pembelajaran,melaksanakan evaluasi serta mengadakan program remidial, mengikuti pelatihan-pelatihan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat oleh guru IPS memberikan Les dan ekstrakurikuler.

Kata kunci : Kompetensi Paedagogik, Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS

References

Arikunto, suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. Pt Rineka Cipta.

Asmara, Husna. 2012. Profesi kependidikan. Jakarta. Alfabrta.

Asih, Ninik. 2010. Hubungan Kompetensi Padagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Ekonomi Di Smp Negeri 03 Ketahun Bengkulu Utara. Bengkulu. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Tidak diterbitkan.

Asril, Zainal. 2013. Micro Teaching. Jakarta :Rajawali Pers.

Azwar, Saifuddin. 2010 Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Damsar, 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media

Group.

Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung. Alfabeta. Djamrah, Syaiful. 2011. Psikologi belajar. Jakarta. Pt Rineka Cipta.

.2000. Guru danAnakDidikDalamInteraksiEdukatif. Jakarta : Pt Rineka Cipta.

Desmita. 2010. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung. Pt Remaja Rosdakarya.

Halimah, Deni Koswara. 2008. Seluk Beluk Profesi Guru. Bandung. Pt Pribumi Mekar.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Pt Bumi Aksara.

. 2008. Pendidikan Guru BerdasarkanPendekatanKompetensi. Jakarta:

PT BumiAksara

Jejen, Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta. Pranada Media.

Khodijah, Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rajawali. Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta. Rajawali.

. 2012. Model-Model Pembelajaran pengembangan profesional guru. Jakarta. Rajawali.

. 2013 Belajar Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta. Alfabeta

Ruswandi. 2013. Psikologi pembelajaran. Bandung. Cv Cipta Pesona Sejahtera.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Pt Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sadirman, 2011.Interaksi&MotivasiBelajarMengajar. Jakarta :Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Pt Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. .2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.

. 2009. Metode penelitian kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sukardi, 2009. Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta : Pt Bumi Aksara Trianto, 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Usman, Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 76 times