PENINGKATAN JIWA SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Caterina Lo Universitas Ekasakti Padang

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dasar pada saat ini terkait dengan pendidikan tentang moral dan social lebih cendrung menggunakan model pembelajaran konvensional, dalam hal ini metoda ceramah, sehingga siswa tidak termotivasi ,apalagi untuk memunculkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Pendidikan Sosial dengan menggunakan metode bermain peran di kelas V SD perlu untuk diterapkan,dengan tujuan agar siswa mampu memerankan sesuatu sesuai dengan yang diharapkan, selanjutnya siswa diharapkan dapat bersikap menghargai orang lain sungguhpun mereka berbeda pendapat,berjiwa kreatif sesuai dengan tuntutan zaman, dapat belajar memecahkan masalah yang dihadapi sekaligus dapat menerapkan nilai-nilai budaya bangsa dan dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan yang berbeda kondisinya. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuan bermain peran siswa kelas V SD Angkasa 1 Kecamatan Koto Tangah Padang masih rendah, penyebabnya karena metode ini jarang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial . Atas dasar tersebut peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas untuk melihat peningkatan hasil belajar sehubungan diterapkan metode bermain peran ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil berupa nilai yang didapat siswa, yaitu nilai pada siklus I berdasarkan dari hasil penilaian dengan rata-rata adalah 67,45. Sedangkan nilai pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 86,32.

Kata Kunci: metode bermain peran, Pendidikan IPS , hasil belajar.

References

Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Natawijaya, Rochman. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Debdikbud

Oemar Hamalik. 2003.Pendekatan Baru Strategi Belajar-mengajar Berdasarkan CBSA

Bandung: Sinar Baru Algensindo

....................2008 . Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ritawati Mahyuddin,dkk.2008. Hand Out Mata Kuliah Metodologi Penelitian Tindakan

Kelas.Padang:UNP

Rosna, Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri

Malang.

Winataputra, Udin S, dkk. 2006. Materi Pembelajaran IPS . Universitas Terbuka: Jakarta

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 188 times