ANALISIS HAMBATAN PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN YANG DIHADAPI GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Authors

  • Niki Roseta

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang dilakukan guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu, (2) Mengetahui hambatan pelaksanaan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang dihadapi guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu. Sumber data dalam penelitian ini 5 orang guru mata pelajaran ekonomi yang mengajar kelas X yang telah menerapkan kurikulum 2013 di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian, yaitu: (1) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran berdasakan kurikulum 2013 yang dilakukan guru mata pelajaran ekonomi di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu dilakukan pada awal pembelajaran, proses pembelajaran dan akhir pembelajaran dengan aspek yang dinilai terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor dan menggunakan teknik tes, non tes serta autentik, (2) Hambatan yang dihadapi guru ekonomi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran meliputi kesulitan melakukan penilaian aspek afektif yang berkaitan dengan KI 1 & KI 2 100 %, ketidaksiapan siswa dalam menghadapi pre test pada awal pembelajaran dan kesulitan mengatur alokasi waktu pre test yang terbatas pada awal pembelajaran masing-masing 80 %, kurangnya daya serap siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan 60 %, kesulitan mengatur alokasi waktu post test yang terbatas pada akhir pembelajaran 20 %.

Kata Kunci : Hambatan dihadapi Guru, Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Hamiyah, Nur. 2015. Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Iksan, 2013. Kontribusi Kebijakan Pimpinan, Kompetensi Dosen & Pelayanan Karyawan terhadap Mutu Internal Perguruan Tinggi dan Dampaknya terhadap Kepuasan Mahasiswa di PTM Bima. Diakses dari: http://eprints.ums.ac.id/26380

Isnaini, Mutmainnah. 2013. Pengaruh Kompetensi Dosen Dan

Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Diakses dari: Http://download.portalgaruda.org/article.php?article=430533&val=40888&title=pengaruh%20ko

mpetensi%20dosen%20dan%20fasilitas%20belajar%20belajar%20terhadap%20kepuasan %20mahasiswa%pendidikan%20ekonomi%20fkip%20uns

Rahmawati, Diana. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Diakses dari:

http://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/download/1376/1181

Saroni, Haipan. 2012. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Pelaksanaan Belajar Mengajar Akuntansi Pada Madrasah Aliyah Negeri Manna Bengkulu Selatan.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Suharsimi Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Sukandi, Pipin. 2010. Hubungan Antara Fasilitas Kampus terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Menghadapi Daya Saing Jasa Pendidikan. Diakses dari:

http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1302/content.pdf?seque nce

Downloads

Published

2020-07-17
Abstract viewed = 859 times