EFFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PETA KONSEP DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIDANG STUDI EKONOMI PADA JENJANG SEKOLA MENENGAH ATAS

Authors

  • Helmarini Helmarini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Erwani Erwani

Abstract

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pendidik pada lembaga pendidikan formal mulai jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi pada umumnya sering ditemukan lebih suka menggunakan metode Cermah dalam pembelajaran di kelas karena metode ini sangat simple dan lebih praktis serta mudah diterapkan meski disadari bahwa metode ini sering kurang effektifi dan tidak memuaskan dalam pencapaian tujuan belajar mengajar. Untuk itu sebagai solusi penulis menawarkan salah satu pendekatan mengajar yang telah terbukti sangat effektif yaitu Metode Pendekatan Pembelajaran Peta Konsep yang merupakan cara dinamik untuk memahami butir-butir pokok informasi secara komprehensif sehingga membantu daya serap siswa dalam bentuk proposisi-proposisi melalui proses belajar alamiah dan berpikir. Metode Peta konsep diharapkan dapat membantu guru melakukan pembelajaran yang relatif mudah dipahami oleh siswa, dan menumbuhkan motivasi belajar siswa. Tujuan penulisan makalah ini dipaparkan secara lebih utuh dan jelas tentang Pembelajaran Peta Konsep yaitu: 1) Pengertian effektifitas pembelajaran; 2) Pemahaman/Definisi Peta Konsep; 3) Manfaat Peta Konsep dalam Pembelajaran 4) Cara menyusun Peta Konsep; 5) Ciri-ciri Peta Konsep 6) Jenis- jenis Peta Konsep (a) Model Pohon Jaringan (b) Model Rantai Jaringan (c) Model laba-laba (d) Model Siklus. 7) Seperti apa bentuk ragam dari Pendekatan Peta Konsep 8) Bagaimana cara mengajarkan Pendekatan Peta Konsep dalam proses pembelajaran

Kata Kunci : Effektifitas Pembelajaran, Pendekatan Peta Konsep

References

Abdullah Ilham 2004 Bahan Ajar Model Pembelajaran Innovatif Prodi Pendidikan Non Formal FKIP Universitas Bengkulu

-------------------- 2010 Bahan Ajar Penulisan Karya Ilmiah Prodi Pendidikan Non Formal FKIP Universitas Bengkulu

Anas Sudijono. 2000. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT.Grafindo

Dimyati. dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta. Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar, PT Rineka Cipta. Jakarta.

Erman. 2003. Aktivitas Belajar. http://wordpress.2010/04/24

Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Afektif. PT Pusaka Madani. Yogyakarta.

Kardi. 2000. Pembelajaran Aktif. http//:www.woodpress.com. diakses 23/03/2013 Melvin. 2006. Cooperative Learning. Nusa Media. Bandung

Kurniawan. 2005. Concept Mapping. http//:www.woodpress.com diakses 23/03/2013. Suwarsih. 2001. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Silberman. 2007. Active Learning. PT. Insan Madani. Yogyakarta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Rosda Karya ;Jakarta Sadiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Grafindo. Jakarta

Subana. 2000. Proses Pembelajaran. Grafindo. Jakarta

Sudjana. 2004. Proses Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Suwardi. 2001. Peningkatkan Belajar Kimia Melalui Model Concept Mapping Pada Kelas XI SMA 12 Semarang. UGM

Sutowijoyo. 2002. Aktivitas Belajar. http://wordpress.2010/04/24 Soewarno. 2000. Aktivitas Belajar. http://wordpress.2010/04/24 Trianto.2007. Mendesain Model Pembelajaran Iinovatif. Kencana. Jakarta .......... 2009. Mendesain Model Pembelajaran Iinovatif. Kencana. Jakarta ......... 2010. Mendesain Model Pembelajaran Iinovatif. Kencana. Jakarta

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam mplementasi KBK. Kencana. Jakarta Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional, 2003, Jakarta : Depdiknas

Downloads

Published

2020-07-17
Abstract viewed = 307 times