Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMPN 15 Kota Bengkulu

Authors

  • Zufiyardi Zufiyardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nicho Jumady Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v3i1.3530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Pertama mengetahui kedisiplinan belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Kedua mengetahui hasil kedisiplinan belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Ketigamengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil kedisiplinan belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Adapun sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu adalah 67 ini berarti sangat baik yaitu ada pada perentangan interval (66-80). (2) Hasil belajar kelas VIII SMP Negeri 15 kota Bengkulu pada mata pelajaran IPS adalah 78,65 ini berarti cukup yaitu ada pada perentangan interval (75-82). (3) Ada pengaruh yang signifikan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. F hitung > F tabel (24,10 > 4,14) dan besar tingkat pengaruhnya adalah 37%.

Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 90 times