PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN MODEL JIGSAW PADA SISWA

Authors

  • Lina Marleni SMPN 02 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v3i1.3526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.E  SMP Negeri 2 Kota Bengkulu Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2siklus dan masing-masing siklus menggunakan 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) instrument observasi terhadap guru,(2) instrument observasi terhadap siswa, (3) instrumen observasi terhadap kelas, (4) instrumen observasi keaktifan, (5) instrumen hasil belajar. Penerapan model pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada siswa kelas VII.E SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Hal ini berdasarkan keaktifan belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.  Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa mencapai 92,78%; Padasiklus II rata-rata keaktifan belajar siswa mencapai 93,61%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 77,94; siswa yang tuntas 32siswa (88,89%), yang tidak tuntas 4siswa (11,11%). Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai 77,76; siswa yang tuntas 36 siswa (100%), tidak ada lagi siswa yang tidak tuntas (90%).

 

Kata Kunci: Pembelajaran IPS Ekonomi, Metode Pembelajaran kooperatif teknikJigsaw, Hasil Belajar.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 538 times