PENGARUH SARANA BELAJAR DISEKOLAH TERHADAP NILAI KETERAMPILAN MATA PELAJARAN IPS TERPADU

Authors

  • Herwan MDK Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v3i1.3524

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : Mengetahui sarana belajar di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu,  mengetahui nilai keterampilan mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII Siswa SMP Negeri 15 Kota Bengkulu dan mengetahui pengaruh sarana belajar disekolah terhadap nilai keterampilan mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII Siswa SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan Siswa SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VII berjumlah 198 siswa orang dan sampel 60 siswa. Tehnik pengumpulan data ini dengan menggunakan observasi, dokumentasi, angket . Tehnik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisi data dapat disimpulkan bahwa pengaruh sarana belajar Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu dengan penilaian rata – rata 50,16 yang berada di sekala penilaian cukup baik. Nilai Keterampilan yang mana dengan nilai rata – rata 79,16 yang berada dalam sekala penilaian baik.berdasarkan hasil olahan data yang dilakukan peneliti maka didapat hasil bahwa ada pengaruh sarana belajar tehadap nilai keterampilan sebesar 7,70%.

Kata Kunci : Sarana Belajar Disekolah, Nilai Keterampilan

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 61 times