PENGARUH PELAYANAN TOKO SABILA FASHION TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • Rossa Ayuni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Meirani Meirani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Wila Satini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Toko Sabila Fashion jalan Jendral Sudirman Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Populasi dalam Penelitian ini adalah Konsumen Toko Sabila Fashion. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel accidental sampling yang berdasarkan kebetulan karena jumlah responden lebih dari 30 kurang dari 500 maka pengambilan sampel dalam Penelitian ini adalah sebanyak 20% dari jumlah populasi yang ada, karena populasi lebih dari 30 kurang dari 500 yaitu 175 konsumen. Berarti 175 x 20% = 35 konsumen. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelayanan terkategori “sangat baik†yaitu sebesar 44,2. 2) Kepuasan Konsumen terkategori†puas†yaitu sebesar 39,42. 3) pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Toko Sabila Fashion jalan Jendral Sudirman Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan diperoleh hasil F hitung 33,00 > F tabel db (n-2) a 0,05 = 4,13. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 35,0 yang berarti bahwa 35,0% Pelayanan dipengaruhi oleh Kepuasan Konsumen.

Kata Kunci : Pelayanan, Kepuasan Konsumen

References

Aliyyah, Dwi. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen. Volume 51 no.2. Hal:1-7.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

A.S. Moenir, 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara : Jakarta. Hal 88.

Angelin, Febe. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Zybrick Coffe & Cantina. Volume 5 no.3. Hal: 1-9.

Boky, Yonas. 2016. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan

Akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffay Makasar. Journal Jaffray : 272.

John Sviokla, Lupiyoadi, Rambat Dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta ; Selemba Empat.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12

Jakarta : Erlangga.

Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7. Jakarta ; Erlangga.

Retno, Hastani. 2013. Pengaru Indikator-Indikator Kualitas Layanan Dari Bagian Layanan Mahasiswa Dan Kualitas Produk Portal Mahasiswa Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Volume 6 no.1. Hal:47-67

Setiawan, Tommy. 2016. Identifikasi Kepuasaan Konsumen Ditinjau Dari Segi Harga Dan Kualitas Pada Restoran Abuba Steak Di Greenvile Volume 2 no. Hal ;51-68.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.

Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-08-14

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 164 times