ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI TERHADAP FASILITAS BELAJAR DI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Authors

  • Andrias Ferdinan SMK Negeri 05 Kabupaten Seluma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas belajar dan kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi di FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Subjek penelitian nya yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun masuk 2013-2016 dan Objek penelitian tersebut adalah Fasilitas Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dari hasil data kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas belajar yaitu untuk ruang kelas menyatakan puas 90% dan kurang puas 10%, ruang laboratorium 60% puas dan 40% kurang puas, ruang auditorium 100% puas dan 0% kurang puas, WC / kamar kecil 70% puas dan 30% kurang puas, masjid 100% puas dan 0% kurang puas, kipas angin 80% puas dan 20% kurang puas, AC 50% puas dan 50% kurang puas, meja 100% puas dan 0% kurang puas, kursi 70% puas dan 30% kurang puas, kotak sampah 100% puas dan 0% kurang puas, infokus 40% puas dan 60% kurang puas, papan tulis 100% puas dan 0% kurang puas, buku 80% puas dan 20% kurang puas, skripsi/jurnal 100% puas dan 0% kurang puas serta wifi 0% puas dan 100% kurang puas. Pernyataan dari hasil wawancara dari lima indikator yaitu keandalan 100% cukup puas, Daya tangkap 100% cukup puas, kepastian 100% cukup puas, empati 60% merasa puas tetapi 40% kurang puas dan berwujud 100% sudah cukup puas. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk tingkat kepuasan mahasiswa lebih dominan pada pernyataan cukup puas.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Hamiyah, Nur. 2015. Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Iksan, 2013. Kontribusi Kebijakan Pimpinan, Kompetensi Dosen & Pelayanan Karyawan terhadap Mutu Internal Perguruan Tinggi dan Dampaknya terhadap Kepuasan Mahasiswa di PTM Bima. Diakses dari: http://eprints.ums.ac.id/26380

Isnaini, Mutmainnah. 2013. Pengaruh Kompetensi Dosen Dan

Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Diakses dari:

Http://download.portalgaruda.org/article.php?article=430533&val=40888&title=pengaruh%20kompetensi%20dosen%20dan%20fasilitas%20belajar%20belajar%20terhadap%20kepuasan%20mahasiswa%pendidikan%20ekonomi%20fkip%20uns

Rahmawati, Diana. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Diakses dari:

http://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/download/1376/1181

Saroni, Haipan. 2012. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Pelaksanaan Belajar Mengajar Akuntansi Pada Madrasah Aliyah Negeri Manna Bengkulu Selatan.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Suharsimi Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Sukandi, Pipin. 2010. Hubungan Antara Fasilitas Kampus terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Menghadapi Daya Saing Jasa Pendidikan. Diakses dari:

http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1302/content.pdf?sequence

Downloads

Published

2020-07-01
Abstract viewed = 448 times