PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK (BEETHOVEN) TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISA DENGAN GAGAL GINJAL KRONIK DI RSUD DR. M YUNUS BENGKULU

Authors

  • Liza Fitri Lina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Meri Susanti
  • Fatsiwi Nunik Andari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Haifa Wahyu Universitas Muhhamdiyah Bengkulu
  • Dodi Efrisnal Universitas Muhhamdiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/avicenna.v15i1.742

Keywords:

Kata Kunci, kecemasan, hemodialisa, pengaruh terapi musik klasik beethoven.

Abstract

Penyakit ginjal kronik (GGK) merupakan masalah kesehatan dunia dengan beban biaya kesehatan yang tinggi. Tindakan yang dilakukan untuk penanganan GGK adalah hemodialisa (Hd). Proses hemodialisa seringkali menimbulkan kecemasan pada pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi musik klasik (beethoven) terhadap tingkat kecemasan pada pasien Hemodialisa di RSUD Dr. M Yunus Bengkulu.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian one group pra-test-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien hemodialisa di RSUD Dr. M Yunus Bengkulu. Sampel yang diambil sebanyak 15 orang pasien hemodialisa.

Hasil penelitian diperoleh bahwa sebelum diberikan terapi musik klasik (Beethoven), dari 15 pasien hemodialisa, terdapat 12 pasien (80%) mengalami kecemasan berat sedangkan 3 pasien lainnya (20%) mengalami kecemasan sedang. Setelah diberikan terapi musik klasik (Beethoven), dari 15 pasien hemodialisa, terdapat 2 pasien (13,33%) mengalami kecemasan ringan, 11 pasien (73,34%) mengalami kecemasan sedang, dan 2 pasien lainnya (13,33%) mengalami kecemasan berat. Berdasarkan hasil uji t dependent, diperoleh t = 10,960 dan p-value = 0,000. Karena p-value = 0,000 < 0,05.

disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terapi bermain musik klasik (Beethoven) terhadap tingkat kecemasan pada pasien hemodialisa di RSUD Dr. M Yunus Bengkulu.

 

 


 

Author Biography

Liza Fitri Lina, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keperawatan medical Bedah

References

Ariani, S. 2016. Stop Gagal Ginjal dan Gangguan Ginjal lainnya. Yogyakarta: Sitana Media.

Cipta, I, D. 2016. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Di Unit Hemodialisa RS PKU Muhammadiyah Unit II Gamping Sleman Yogyakarta. Publikasi Ilmiah: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyi’ah Yogyakarta.

Ghufron, M, Nur & Rini R,S. 2011. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Kemenkes RI. 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kemenkes.

Mahatadinar & Nisa. 2017. Pengaruh Musik Klasik Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi. Publikasi Ilmiah: Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Potter & Perry. 2010. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC.

Purwati S. (2018). Analisis Faktor Risiko Penyebab Kejadian Penyakit Gagal Ginjal Kronik (GGK) Di Ruangan Hemodialisis. Jurnal Keperawatan Global

Prihananda L.M, Maliya, dan Kartinah. 2016. Effect Of Classical Musik Therapy On The Anxiety Level Of Hemodialysis Patients At The PKU Muhammadiyah Hospital Of Surakarta. Publikasi Ilmiah: Fakultas Ilmu Kesehatan UMS.

Ratnawati. 2011. Tingkat Kecemasan Pasien Derngan Tindakan Hemodialisa di BLUD RSUDr M.MDunda Kabupaten Gorontalo. Jurnal Health & Sport, Vol. 3, Nomor 2, Agustus 2Afi:285 - 362.

Suharyanto T & Madjid A. 2009. Asuhan Keperawatan Pada Klien dengan Gangguan Sistem Perkemihan. Jakarta: Trans Info Media.

Simulati S, dkk. (2015). Asuhan Keperawatan Gangguan Sistem Perkemihan. Jakarta: Salemba Medika

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ISBN.

Tangian, A. F., Kandou, L. F. J., Munayang, H. 2015. Hubungan lamanya menjalani hemodialisis dengan tingkat kecemasan pada pasangan hidup pasien yang menderita penyakit gagal ginjal kronik di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Publikasi Ilmiah: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sam Ratulangi Manado.

Taruna. 2011. Gangguan Tidur Insomnia. Diakses dari www.mediaholistik.com. pada tanggal 27 Oktober 2018.

Yesi H & Bayhakki. (2017). Hubungan Lama Menjalani Hemodialisis Dengan IDWG Pada Pasien Hemodialisis. JKP

Downloads

Published

2020-05-01

How to Cite

Lina, L. F., Susanti, M., Andari, F. N., Wahyu, H., & Efrisnal, D. (2020). PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK (BEETHOVEN) TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISA DENGAN GAGAL GINJAL KRONIK DI RSUD DR. M YUNUS BENGKULU. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 15(1), 11–18. https://doi.org/10.36085/avicenna.v15i1.742
Abstract viewed = 1377 times