ANALISIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TAIS KABUPATEN SELUMA

Authors

  • Afriyanto Afriyanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nopia Wati Nopia Wati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Depan Ramadi Universitas Muhammdiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/avicenna.v14i3.1431

Keywords:

Keselamatan, Kesehatan dan Kerja

Abstract

ABSTRAK

 

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit Pasal 1 bahwa Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di RSUD Tais kabupaten Seluma.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam dan observasi.  Informan pada penelitian ini adalah Ketua Panitia Keselamatan dan kesehtan kerja, Wakil Panitia Keselamatan dan kesehatan kerja, Sekretaris Keselamatan dan kesehatan kerja, Ketua bidang Pemeliharan dan Penunjang Rumah Sakit Umum Daerah Tais Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.  Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 Maret s/d 22 April Tahun 2019 di RSUD Tais.

Hasil penelitian menujukkan bahwa sudah ada kebijakan SMK3 di Rumah Sakit Umum Daerah Tais sudah dituangkan didalam Surat Keterangan (SK) oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Tais.Perencanan SMK3 di Rumah Sakit Umum Daerah Tais ada delapan yaitu.Bidang keselamatan dan keaman, bidang bahan berbahaya dan beracun, bidang manajemen emergensi, bidang pengamanan dan kebakaran, bidang peralatan medis, bidang sistem utilitas, bidang pendidikan dan pelatihan dan bidang monitoring dan evaluasi. Pelaksanaan Rencana SMK3 di Rumah Sakit Umum Daerah Tais yang sudah berjalan ada lima yaitu.  Bidang keselamatan dan keamanan, bidang manajemen emergensi, bidang peralatan medis, bidang pengamanan dan kebakaran, bidang utilitas.Dan ada tiga bidang yang belum berjalan yaitu.Bidang bahan berbahaya dan beracun, bidang pendidikan dan pelatihan, bidang monitoring dan evaluasi.

Untuk pihak rumah sakit melakukan evaluasi terhadap penetapan kebijakan, perencanaan dan pelaksanaan rencana terhadap sistem manajemen keselamtan dan kesahatan kerja yang ada di Permenkes RI No. 66 Tahun 2016.

Author Biographies

Afriyanto Afriyanto, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kesmas

Nopia Wati Nopia Wati, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Depan Ramadi, Universitas Muhammdiyah Bengkulu

Kesmas

References

Ardi, Z.S. (2018). Analisis Penerapan Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit Panti rapih. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat. Vulume 12.

Arrazy, S., Sunarsih, E., Rahmawati, A 2013. Penerapan Manajemen Kesehatan Di Rumah Sakit DR. Sobirin Kabupaten Musi Rawas Tahun 2013. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 5(2):103-111.

Elinto, R. (2017). Analisis Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit Umum Daerah Mukomuko Tahun 2017 (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu).

Fuan, L.K. (2014). Analisis Implementasi Pemenuhan Standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja Berbasis KEPMENKES RI No. 1087/MENKES/SK/VII2010 di Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I BB Medan (Tesis, Universitas Sumatera Utara).

Ibrahim,H., Damayati, D.S., Amansayah, M., & Sunandar. 2017. et al.â€Gambaran penerapan standar manajemen keselamatan dan kesehatan kerja Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makasar†public heath science jounal Vol.9.No.2.Bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja FKIK UIN Alauddin Makasar.

kepmenKes RI No. 1087/mankes/VII/2010 Tentang Standar K3 di Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Bina Kesehatan Kerja.

Kepmenkes RI No. 432 Tahun 2007 tentang Pedoman Manajemen Kesehatan dan Keselamatan kerja di Rumah Sakit

Peraturan Menteri Republik Indonesia No 52 tentang keselamatan dan kesehatan kerja difasilitas pelayanan kesehatan. Jakarta 15 Januari 2019

Manyele, S.V., Ngyani, H.A.M., Eliakimu, E. 2008 The Status Occupation Safety Amonmg Health Service Provider In Hopital Tanzania. Univertsity Of Dar Salaam. Tanzania Juonal Of Health Reseach 10(3) : 159-165

Porajow, M. C., 2016. Analisis Penerapan Standar Pelayanan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) di RSUP Ratatotok Buyat Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara.Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. 1(7), 1-10.

Pratiwi, V., Joko, T., Lanang, H. 2017. Evaluasi Pengolahan Limbah Berbahaya dan Beracun (B3) Di Rumah Sakit Reomani Muhammadiyah Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat 59(3):420-430.

Salikunna, N. A,.2011 Penerapan Sisitem Manajmen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit bersalin Pertiwi Makassar.Jurnal Biocelebes.5(1), 31-42.

Toding, R,. Umboh M.L,.Josephus, J. el al. 2016. “analisis penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) di RSIA Kasih Ibu Manadoâ€. Jurnal Ilmiah farmasi.Vol.5.No.1. FKM Universitas Sam Ratulangi Manado.

Undang-undang Repubik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan.

Downloads

Published

2021-02-18

How to Cite

Afriyanto, A., Nopia Wati, N. W., & Ramadi, D. (2021). ANALISIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TAIS KABUPATEN SELUMA. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 14(3). https://doi.org/10.36085/avicenna.v14i3.1431
Abstract viewed = 572 times