PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI ERA PANDEMI KELURAHAN BAJAK

Authors

  • Atika Anggraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Elyusra Elyusra
  • Syanurdin Syanurdin
  • Siti Aisyah

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v1i1.3197

Keywords:

anak usia dini, edukasi, membaca story tellling

Abstract

Upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan memberlakukan pembatasan jam belajar di sekolah membuat pendidikan di Indonesia kurang optimal. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, salah satunya melalui program kerja bimbingan belajar pada KKN Mandiri Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun 2021. Bantuan belajar ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa dalam bidang Sains dan Bimbingan Belajar. Dalam hal ini metode yang digunakan adalah deskriptif naratif analisis informasi dan menggunakan teknik analisis data naratif deskriptif, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu orang tua yang tidak bisa mendampingi anaknya dalam pendidikan online dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini berlangsung di RT-05 Desa Bajak dengan cara tatap muka dengan protokol kesehatan dan dibatasi jumlah siswa agar bisa menjaga jarak. Hasil kegiatan membuktikan bahwa orang tua merasa terbantu dengan adanya program bimbingan belajar dan anak menunjukkan perilaku yang antusias dan lebih termotivasi dalam belajar.

Kata kunci: anak usia dini, edukasi, membaca story tellling.

References

Berdaya Abdimas. 2018. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.2 No.2 P-ISSN: 2685-1563

enfindonesia.id/2021/02/09/kondisi-pendidikan-di-indonesia-selama-pandemi/, diakses pada Minggu, 03 Oktober 2021

Kamarullah: Pendidikan Matematika di Sekolah Kita | Al Khawarizmi, Vol. 1, No. 1, Juni 2017

https://pemas.unisla.ac.id/index.php/JAB/article/viewFile/7/10

Dewi, V. S., & Maharani, S. (2016). IBM Membangun “Desa Cermat Melalui Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswaâ€. Jurnal Terapan Abdimas. Vol. 1 No. 1., 1-7

Downloads

Published

25-02-2022

How to Cite

Anggraini, A., Elyusra, E., Syanurdin, S., & Aisyah, S. (2022). PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI ERA PANDEMI KELURAHAN BAJAK. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.36085/almaun.v1i1.3197

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 163 times