UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS UNTUK MENGATASI KESULITAN ANAK-ANAK DALAM BELAJAR MENDIKTE DI TENGAH PADANG KOTA BENGKULU

Authors

  • Dela Julita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sakroni Sakroni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Man Hakim Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v1i2.4751

Keywords:

Belajar dikte,kesulitan belajar,anak-anak,pandemi

Abstract

Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimanakah penerapan metode dikte pada kegiatan menulis anak-anak di Rt 5 tengah padang 1. Dari rumusan masalah tersebut, terdapat tujuan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode dikte pada kegiatan menulis anak –anak di rt 5 tengah padang Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa metode dikte telah menunjukkan hasil perubah pada kesulitan yang dialami anak-anak.

References

Adam, S. (2014). Aplikasi Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky dalamPendidikan. Manajemen Pendidikan Islam , 02.

Alkire, S. (2003). Penerapan Metode Dctation dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Techniques and Principles In Language Teaching , 13

Akhadiah, Sabarti. 2003. 3. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum, Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum, 30 Jakarta: Rineka Cipta

Diane Larsen-Freeman, Techniques and Principles in Language Teaching, (Oxford University Press : New York, 2003), h. 31.

Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII SMP NEGERI 7 RAMBAH ROKAN HULU . Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) , 224.

Guntur Tarigan, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, (Bandung: Angkasa Bandung, 2008), 3.

Hasani, Z. F. (2013). Penerapan Metode Imla' Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIIC MTs Muhammadiyah 02 Pemalang. Journal Of Arabic Learning and Teaching , 58.

Hasibuan dan Moedjiono. 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya Hidayat,

Komarudin. 2006. Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Karya. Jogiyanto. 2006. Pembelajaran Metode Kasus untuk Dosen dan Mahasiswa. Yogyakarta: Andi Offset

Mansyur. 1996. Pemanfaatan Model-Model Pembelajaran: Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka

Mufid, M. A., & Doyin, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menanggapi Cara Pembacaan Puisi Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jingsaw Berbantuan Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VII F SMP NEGERI UNGARAN. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 35

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. . 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Palmer, D. (1985). Writing Skills: Practical Techniques in Language Teaching. London: Edward Arnold. Platt, R. (2012). The Effect Of Dictation Method On The Students' Listening Skill Among The Eleventh Grader At MA MA'ARIF 1 PUNGGUR. Dictation As A Language Learning Tool , 14.

Suradji,Pembelajaran Bahasa Indonesia, ( Jakarta : raya jaya ,2008) ,19

Semi,M.A. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis.Bandung: Angkasa. 4

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Downloads

Published

25-01-2023

How to Cite

Julita, D., Rustinar, E., Sakroni, S., & Hakim, M. (2023). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS UNTUK MENGATASI KESULITAN ANAK-ANAK DALAM BELAJAR MENDIKTE DI TENGAH PADANG KOTA BENGKULU. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.36085/almaun.v1i2.4751

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 109 times