PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM MASA PANDEMI COVID 19 PADA ANAK SEKOLAH MENENGAH ATAS DI RT 05 KELURAHAN BAJAK KOTA BENGKULU

Authors

  • Novita Wahyu Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ajat Manjato Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hasmi Suyuthie Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Jelita Jelita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v1i2.4750

Keywords:

Pendampingan Belajar Mata Pembelajaran Ekonomi dan Pandemi Covid 19

Abstract

Covid-19  adalah penyakit menular yang membuat segala aktivitas tergangu termasuk dalam hal pendidikan. Salah satu upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan diberlakukannya school from home atau sekolah dari rumah. Hal tersebut membuat orang tua  kesulitan dalam mendampingi anak- anaknya belajar di rumah, baik dalam menjelaskan materi pelajaran maupun dalam membagi waktu dengan pekerjaannya.Universitas Muhamadiyah Bengkulu sebagai salah satu Universitas yang menyelenggarakan program KKN mandiri yaitu pengabdian mahasiswa di domisili masing- masing  kegiatan ini untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid 19. Salah satu kegiatan pengabdian adalah pendampingan bimbingan belajar selama KKN berlangsung untuk membantu orang tua maupun anak- anak di di RT 05. Metode kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metode pendampingan secara langsung kepada anak - anak sebanyak 10 kali pertemuan selama 1 Bulan. Hasil dari pendambingan bimbingan belajar ini anak- anak lebih panam akan materi ekonomi, bisa memecahkan soal yang menurut anak- anak merasa kesulitan dan bisa terbantu tugas- tugas dari sekolah.

References

Agus, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education Psychology and Counseling, 2 (1), 112.

Aji, R. H. S. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar’I, 7 (5), 395-402.

Anwas Oos M., 2011. Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, (Daring), Vol.17 (5):565—575.

Arifa, Fieka Nurul. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Dalam Jurnal Bidang Kesejahteraan Sosial, (Daring), Vol.

Dewi, W. A F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61.

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.Dalam Lantanida Journal (Daring), Vol.5 (2):93—196. Tersedia:https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838. (18 September 2020)

Fikri, Ahmad Zainul, Maulina Hendrik, dan Romadon. 2019. Analisis Penerapan Metode Team Teaching Di Kelas 3 Sd Stkip Muhammadiyah Bangka Belitung.: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index. (18 September2020).

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam MasaDarurat Coronavirus (Covid-19). Nakayama M, Yamamoto H, & S. R.(2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning, 5 (3). 1.

Khasanah, Dian Rati Ayu, Hascaryo Pramudibyanyo, dan Barokah Widuroyekti. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Dalam Jurnal Sinestesia,(Daring), Vol.10 (1):41—48. Tersedia: https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44. (8 September 2020).

Lestari, Ni Gusti Ayu Made Yeni. 2019. Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud. Dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Daring), Vol.4 (1):8—17.

Pane, Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Dalam Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, (Daring), Vol.03 (2):333—352.Tersedia: http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/F.(8 September 2020)

Rasam, Fadli dan Elin Karlina. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Team Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi Di Unindra. Dalam Research and Development Journal Of Education, (Daring), Vol.6 (2): 65—73. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE. (14 September 2020)

Sardiman.2020 Belajar Dan Pembelajaran journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE. Vol.10 (1):41—48. Tersedia: https://sinestesia.pustaka.

Downloads

Published

25-01-2023

How to Cite

Wahyu, N., Manjato, A., Suyuthie, H., & Jelita, J. (2023). PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM MASA PANDEMI COVID 19 PADA ANAK SEKOLAH MENENGAH ATAS DI RT 05 KELURAHAN BAJAK KOTA BENGKULU. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 51–56. https://doi.org/10.36085/almaun.v1i2.4750

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 33 times