MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI MATEMATIKA ANAK-ANAK RT 06 KAMPUNG BALI MELALUI BIMBINGAN BELAJAR

Authors

  • Miftah muthmainah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Loliek Kania Atmaja Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mahdijaya Mahdijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Syanurdin Syanurdin Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v1i2.4749

Keywords:

Bimbingan Belajar, Kemampuan Pemahaman, Anak-anak

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk pendidikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lapangan yang mandiri dan rasa tanggung jawab, sebagai kegiatan mandiri terdapat berbagai disiplin yang dilakukan dalam bidang keilmuan dan pendidikan. Sehubungan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang salah satu programnya adalah bimbingan belajar, memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman anak-anak dalam pelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendampingan. Bimbingan belajar anak-anak serta pendampingan dalam membantu anak-anak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dengan sampel yang diambil dari RT 06, RW 02, Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Sebelum dilaksanakan kegiatan bimbingan belajar, hanya sekitar 18 % atau 6 anak-anak dari total siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan setelah program ini dilaksanakan sebagian anak menginginkan adanya pelaksanaan bimbingan belajar yang berkelanjutan meskipun masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah selesai.

References

Bimbingan Belajar Dapat Membantu Anak Lebih Cerdas, Benarkah.

https://pintek.id/blog/bimbinganbe ajar-dapat-membantu-anak-lebih-cerdas-be narkah/ . Diakses pada 02 September 2021.

Herdiansyah Haris, 2010 “Metodologi Penelitian Kualitatif.

Subekti Purwo,dkk.2014 ” Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN)”. Universitas pasir pengaraian.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Downloads

Published

25-01-2023

How to Cite

muthmainah, M., Kania Atmaja, L., Mahdijaya, M., & Syanurdin, S. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI MATEMATIKA ANAK-ANAK RT 06 KAMPUNG BALI MELALUI BIMBINGAN BELAJAR. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 46–50. https://doi.org/10.36085/almaun.v1i2.4749

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 83 times