PELAKSANAAN GOTONG ROYONG DI LINGKUNGAN RT 3 KELURAHAN PASAR BENGKULU

Authors

  • Deka Darsi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Reni Kusmiarti
  • Yanti Paulina
  • Elyusra Elyusra

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v1i2.4748

Abstract

RT 3 merupakan salah satu rukun tetangga yang berada di kelurahan Pasar Bengkulu. Wilayah pinggiran pantai RT 3 masih terdapat banyak sampah yang berserakan. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya karena kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan. Selain di pinggiran pantai, masyarakat juga banyak membuang sampah di lahan kosong yang terdapat di lingkungan RT 3. Untuk mengatasinya maka perlu diadakan gotong royong yang memerlukan kerjasama dari warga RT 3. Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-bersama dalam rangka untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam rangka KKN, maka kami melakukan pendampingan gotong royong kepada warga RT 3 untuk membersihkan lingkungan.  Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar terciptanya lingkungan yang bersih dan rapi. Metode kegiatan yang digunakan adalah pendampingan kepada warga RT 3 untuk melaksanakan gotong royong. Setelah diadakan gotong royong, lingkungan RT 3 terlihat lebih bersih dan asri.

References

Badan Standardisasi Nasional. SNI 19-2454-2002 Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan.

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.

Sejati, Kuncoro. (2009). Pengelohan Sampah Terpadu Dengan Sistem Node, Sub Point, Center Point. Yogyakarta : Kanisius.

Yayang, dkk. (2014). Laporan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya) Slaikers Desa Tratemulyo Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Universitas Negeri Semarang.

Yuliani, N. D., & Dewantara, A. (2018). Perilaku Gotong Royong Dalam Kehidupan Masyarakat. OSF.

Downloads

Published

25-01-2023

How to Cite

Darsi, D., Kusmiarti, R., Paulina, Y., & Elyusra, E. (2023). PELAKSANAAN GOTONG ROYONG DI LINGKUNGAN RT 3 KELURAHAN PASAR BENGKULU. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 42–45. https://doi.org/10.36085/almaun.v1i2.4748

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 77 times