PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI (Oriza sativa. L) GALUR UNHZ 12A DI POLYBAG DENGAN PERLAKUAN UMUR PINDAH BIBIT DAN JUMLAH BIBIT

Authors

  • Farida Aryani Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Asfaruddin Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sarina Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Renses Suryadi Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/agrotek.v17i1.3598

Abstract

Keberhasilan pengelolaan tanaman padi dipengaruhi berbagai faktor, antara lain umur pindah bibit dan jumlah bibit per rumpun tanam. Umur bibit pindah harus tepat dan sesuai untuk mengantisifasi pertumbuhan akar. Jumlah bibit per rumpun tanam akan mempengaruhi populasi yang ada, yang akan mempengaruhi pertumbuhan anakan produktif.

Penelitian ini dilaksanakan di perumahan Bumi Persada Indah, Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Mulai tanggal 30 Maret sampai dengan 26 Juli 2020. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dua faktor. Faktor pertama adalah umur pindah bibit tanam bibit dengan 3 taraf perlakuan yaitu A1 : umur pindah bibit 21 hari, A2 : umur pindah bibit 28 hari, A3 : umur pindah bibit 35 hari. Faktor kedua adalah B1 : 2 batang per rumpun, B2 : 3 batang per rumpun, B3 : 4 batang per rumpun.

Berdasarkan uji lanjut BNT pada taraf 5% menunjukkan bahwa umur padi 35 hari memberikan pengaruh yang terbaik terhadap tinggi tanaman, umur keluar malai dan umur panen. Jumlah bibit 2 batang per rumpun memberikan jumlah anakan terbanyak. Tidak ada interaksi antar perlakuan umur pindah bibit dengan jumlah bibit per rumpun.

Kata Kunci : Padi, umur pindah bibit, jumlah bibit per rumpun, galur UNHZ 12A.

Additional Files

Published

2022-08-03

Issue

Section

Vol. 17 No. 1(2022)
Abstract viewed = 77 times