EVALUASI DAN PEMETAAN WERENG COKLAT PADA TANAMAN PADI SAWAH DI KECAMATAN TUGUMULYO

Authors

  • Sumini Sumini Universitas Musi Rawas

DOI:

https://doi.org/10.36085/agrotek.v15i1.1302

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memetakan sebaran hama wereng coklat pada tanaman padi sawah di Kecamatan Tugumulyo.  Penelitian ini dilaksanakan pada tanaman padi milik petani di Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. Pada bulan Juni Sampai dengan bulan September 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei pada tanaman padi sawah di lokasi yang ditentukan secara sengaja. Metode penarikan sampel penelitian ini menggunakan metode acak sederhana  (Simple Random Sampling), dimana dari 18 Desa di Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas diambil 5 desa yang dijadikan sampel.  Adapun sampel yang dipilih secara acak dengan rincian sebagai berikut: D Tegalrejo, E Wonokerto, H Wukirsari, L Sidoharjo, dan M Sitiharjo. Dari setiap desa ditetapkan 3 petakan sawah dengan luas petakan 10 m x 10 m. Hasil penelitian diketahui bahwa Desa D Tegalrejo merupakan yang terserang hama  paling rendah dari semua Desa yang diamati sedangkan Desa E Wonokerto merupakan yang terserang hama paling tinggi. Diketahui penyebab populasi dan serangan hama wereng batang coklat tinggi yaitu penanaman yang tidak serentak, tidak adanya pergantian varietas setiap musim tanam dan penggunaan pestisida yang tidak bijaksana.

Kata Kunci: Hama, Wereng Coklat, Padi

References

Alam, M.Z. ; Md. M. Haque ; Md S. Islam, E. Hossain ; S.B. Hasan, S.B. Hasan and Md. S Hossain. 2016. Comparatif Study of Integrated Pest Management and Farmers Practice on Sustainable Environment in the Rice Ecosystem. International journal of zoology. 1(1):1-12.

Badan Pengamat Statistik (BPS). 2016. Produksi Tanaman Pangan Padi Indonesia (Hasil Produksi padi Indonesia 2015). https://sumsel.bps.go.id. (diakses Juli 2018).

Baehaki dan Widiarta, IN. 2010. Hama Wereng dan Cara Pengendaliannya pada Tanaman Padi. Balai Besar Penelitian Padi.

Baehaki, S.E. 2011. Strategi fundamental pengendalian hama wereng coklat dalam pengamanan produksi padi nasional. Pengembangan Inovasi Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Baehaki, S.E. 2012. Pengaruh Pola Tanam dan Pupuk Organik Terhadap Perkembangan Wereng Coklat dan Pengkayaan Musuh Alami. Seminar Hasil Penelitian BB Padi, 10-11 Agustus 2012. 16p.

Effendy. 2008. Hama Tanaman Padi dan Teknologi Pengendalian. IPTEK Tanaman Pangan.

Handoko, S, Y. Farmanta dan Adri. 2017. Peningkatan Produktivitas Padi Sawah Melalui Introduksi Varietas Unggul Baru di Kabupaten Jabung Timur Jambi. Prosiding Seminar Nasional Pengkajian Teknologi Spesifik Lokasi Komoditas Tanaman Pangan, Bengkulu 8 November 2016. P96-100.

Hatta, M. 2012. Jarak Tanam Sistem Legowo Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Padi pada Metode Sri. Jurnal Agrista 16:87-93

Kementrian Pertanian Republik Indonesia. 2015. BuletinPDB Sektor Pertanian Tahun 2015. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. Sekertariat Jendral Kementrian Pertanian. Jakarta.

Additional Files

Published

2021-01-05

Issue

Section

Vol. 15 No. 1(2020)
Abstract viewed = 935 times