STUDI KELAYAKAN USAHA PEMBIBITAN IKAN LELE DUMBO DI KELURAHAN KANDANG KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

Bobi Habibullah, Elni Mutmainnah, Romzi Romzi

Abstract


Latar belakang penelitian ini di dasarkan kepada permintaan ikan air tawar yang cukup tinggi di wilayah kota Bengkulu. Selain itu juga didukung oleh sumber daya alam dan potensi area perairan darat di kota Bengkulu yang mendukung untuk dikembangkan sebagai usaha budidaya perairan darat. Ikan Lele merupakan makanan yang sangat disukai oleh masyarakat karena rasanya yang gurh dan bernilai gizi yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kelayakan usaha budidaya Ikan Lele secara finansialnya. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Kandang Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh petani budidaya Ikan lele yang berada di sepanjang jalan di Desa Kandang Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha budidaya ikan Lele di Desa Kandang layak untuk diusahakan berdasarkan dengan nilai  keuntungan sebesar Rp. 53.113.067,80. Secara finansial usaha budi daya Ikan Lele Dumbo ini masih layak dilakukan sampai dengan 10 tahun ke depan berdasarkan nilai NPV positip sebesar Rp. 143.622.994,00 sampai dengan tingkat suku bunga 19% yang lebih besar dari nilai suku bunga yang berlaku (7%). Nilai  Net Benefit rasio sebesar  1,62 .

 

Keywords: catfish, breeding, feasibility

Full Text:

PDF

References


Binei, M. Manoppo, V. Aling, D. 2016. Analisis Finansial Usaha Pembenihan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Gariepinus) di Desa Tateli Dua Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Akulturasi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi, Manado. Vol. 4 No. 8.

Ibrahim, Y. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Rineka Cipta. Hlm. 249.

Khairuman, Amri. K, 2011. Pembenihan Lele 21 Hari Balik Modal. PT Agro Media Pustaka. Jakarta.

Nurmalina R, Sarianti T, Karyadi A. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Profil Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kota Bengkulu 2018.

Soares, T. 2011. Kajian Usaha Benih Ikan Lele Di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Jawa timur. Surabaya. 89 Hal.

Supare, D. 2017. Analisis Usaha Penggilingan Padi di Kecamatan Armajaya Kabupaten Bengkulu Utara. Skripsi Mahasiswa S1 Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah bengkulu, Tidak di Publikasikan.




DOI: https://doi.org/10.36085/agribis.v13i2.837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.