ANALISIS USAHA KERUPUK BALOK DITINJAU DARI NILAI TAMBAH DAN PEMASARAN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA RAOS ECHO DI KABUPATEN SELUMA

Authors

  • Impian Tina Sari Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu
  • Herri Fariadi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu
  • Evi Andriani Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/agribis.v16i1.4756

Abstract

Industri kecil disuatu daerah secara ekonomi mampu berkembang dan meningkatkan nilai produksi yang sudah menjadi permintaan konsumen secara kontiniu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya nilai tambah dan pemasaran kerupuk balok pada industri Raos Echo. Penentuan sampel lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yakni Usaha kerupuk sagu “Raos Echo”. Responden dalam penelitian ini adalah pimpinan perusahaan dan lembaga-lembaga pemasaran. Data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis nilai tambah, saluran pemasaran dan margin pemasaran, hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai tambah yang dihasilkan dari Agroindustri Kerupuk Raos Echo yaitu sebesar Rp.11.994,11/kg dengan persentase sebesar 0,32% dan keuntungan sebesar  Rp. 10.456,11/kg dengan tingkat keuntungan sebesar 0,87%. Nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan sagu menjadi kerupuk di usaha kerupuk Raos Echo tergolong rendah. Pada saluran pemasaran kerupuk Raos Echo di daerah penelitian memiliki 3 saluran pemasaran yaitu saluran I dari produsen ke pedagang pengecer Kota Bengkulu ke konsumen, saluran II dari produsen ke pedagang pengecer Bengkulu Tengah ke konsumen, saluran III konsumen ke produsen. Margin pemasaran saluran pemasaran tingkat ke I sebesar Rp.5000. Margin pemasaran saluran pemasaran tingkat ke II sebesar Rp.6000. 

Kata Kunci : Nilai Tambah, Pemasaran Kerupuk Balok, Raos Echo

Downloads

Published

2023-01-25
Abstract viewed = 68 times