STRATEGI PEMASARAN PISANG SALE DI SENTRA KIOS OLEH-OLEH “12 SAUDARA” KABUPATEN REJANG LEBONG

MARKETING STRATEGY OF SMOKED DRIED BANANA FRITTERS IN CENTRAL MARKET BY "12 BROTHERS" REJANG LEBONG DISTRICT

Authors

  • Dwita PRISDINAWATI Universitas Pat Petulai RejangLebong
  • Eddy Silamat universitas Pat Petulai Rejanglebong
  • Putri Milanda Bainamus

DOI:

https://doi.org/10.36085/agribis.v15i2.3387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) faktor-faktor dominan (perilaku konsumen) dalam keputusan pembelian Sale Pisang (2) Bagaimana Strategi Pemasaran Yang Digunakan Pedagang Dalam Memasarkan  pisang sale. Masalah yang dihadapi oleh pedagang pisang sale di Sentra Oleh-Oleh 12 SAUDARA yaitu  strategi dalam memasarkan pisang salenya kurang efektif. Dengan permasalahan yang dihadapi para pedagang pisang sale di sentra oleh-oleh 12 SAUDARA curup kabupaten rejang lebong tersebut, tentu pedagang pisang sale harus memiliki strategi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut agar dapat menarik minat beli konsumen. Daerah penelitian ditentukan secara purposive yakni Sentra Oleh-Oleh “12 Saudara” Kabupaten Rejang Lebong dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut merupakan  sentra penjualan pisang sale dan ramai pengunjung. Jenis data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer dilakukan melalui wawancara langsung dengan pedagang Pisang di Kios Oleh-Oleh. Data sekunder berasal dari instansi- instansi terkait dengan penelitian antara  lain Dinas Pertanian, Badan Pusat Statistik serta sumber-sumber lain. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan pada bulan Juli-Desember 2019. Responden dalam penelitian ini berjumlah  4 responden pisang  sale pisang di Sentra Kios Oleh-Oleh “12 Saudara”.

Downloads

Published

2022-07-25
Abstract viewed = 258 times