Pengaruh Algoritma Stemming Porter Terhadap Kinerja Algoritma Rabin Karp Untuk Mendeteksi Plagiarisme Teks Bahasa Indonesia

Authors

  • Yulia Darnita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • dany Adhi wibowo
  • rozali toyib Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nica Aulia Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhmmadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v3i2.784

Abstract

Plagiat atau plagiarisme adalah perbuatan mengambil ide, tulisan, karangan atau pendapat orang lain tanpa mencantumkan sumber dan menjadikannya seolah-olah tulisan, karangan atau pendapat itu milik sendiri, dalam peraktiknya plagiarisme ini sangat mudah dilakukan, yaitu dengan cara menyalin, menempel dan memodifikasi sebagian isi dokumen. Algoritma Rabin Karp. Algoritma Rabin Karp adalah suatu algoritma pencarian string yangditemukan oleh Michael Rabin dan Richard Karp. Algoritma ini menggunakan hashing untuk menemukan sebuah string dalam sebuah teks. Selain menggunakan algoritma Rabin Karp, untuk mendapatkan hasil presentase yang baik maka diperlukannya preprocessing file yang akan dideteksi, ada banyak tahapan dari preprocessing diantaranya yaitu case folding, tokenizing, filtering, stemming, tagging dan analyzingSistem ini nantinya akan menghasilkan sebuah sistem deteksi plagiat dengan menggunakan dua algoritma yaitu algoritma Stemming Porter yang berfungsi untuk mengubah kata-kata dalamdokumen kedalam bentuk kata dasar dan algoritma Rabin Karp yang berfungsi untuk membandingkan kemiripan dua dokumeyang akan diuji. HasilpengujianAlgoritma Rabin Karp mendeteksi kemiripan tidak berdasarkan dengan kemiripan setiap kata namun dengan melakukan pendeteksian kemiripan setiap Fingerprint antar kedua dokumen, Algoritma Rabin Karp memiliki waktu proses yang lebih cepat, sedangkan pendeteksian plagiat dengan menggunakan algoritma Stemming Porter dan algoritma Rabin Karp memiliki waktu proses yang lebih lama.

Kata Kunci :plagiat, robin karp, preprocessing, stemming

References

Referensi

Agusta, L. (2009). Perbandingan algoritma stemming Porter dengan algoritma Nazief & Adriani untuk stemming dokumen teks bahasa indonesia. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, 2009, 196-201.

Pramudita, H. R. (2014). Penerapan Algoritma Stemming Nazief & Adriani dan Similarity pada Penerimaan Judul Thesis. Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 15(4), 15

Surahman, A. M. (2013). Perancangan Sistem Penentuan Similarity Kode Program Pada Bahasa C Dan Pascal Dengan Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 1(1), 50-55.

Sastroasmoro, S. (2007). Beberapa Catatan tentang Plagiarisme. Majalah Kedokteran Indonesia, 57(8), 239-244.

Novitasari, D. (2017). Perbandingan Algoritma Stemming Porter dengan Arifin Setiono untuk Menentukan Tingkat Ketepatan Kata Dasar. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 1(2), 120-129.

Simarangkir, M. S. H. (2017). Studi Perbandingan Algoritma-Algoritma Stemming Untuk DokumenTeks Bahasa Indonesia. Jurnal Inkofar, 1

Oktaviani, P. (2016). Perbandingan Algoritma Boyer-Moore Dan Algoritma Rabin Karp Pada Pencarian Teks Dalam Undang Undang Perlindungan Anak.

Wirawan, T. P. (2008). Penggunaan Algoritma Rabin-Karp dalam Pencocokan String.

Luthfiarta, A., Zeniarja, J., & Salam, A. (2013, November). Algoritma Latent Semantic Analysis (LSA) pada peringkas dokumen otomatis untuk proses clustering dokumen. In Seminar nasional teknologi informasi & komunikasi terapan.

Rozi, F., & Kartadie, R. (2017). Clustering Dokumen dengan Semantic Word Holonim dan Fuzzy Association Rule Mining. Semnasteknomedia Online, 5(1), 2-1.

Suganda, T. (2006). Perihal Plagiarisme dalam Artikel Ilmiah. Agrikultura, 17 (3), 161-164

Penggunaan software Turn It In untuk mendeteksi tindakan plagiarisme. AL-MAKTABAH, 16(1).

Dhieni, N., Fridani, L., Muis, A., & Yarmi, G. (2014). Metode pengembangan bahasa.

Basuki, T. A. (2000). Pengenalan suku kata bahasa Indonesia menggunakan finite-state automata. Bandung: Universitas Khatolik Parahyangan.

Mularsih, H. (2010). Strategi pembelajaran, tipe kepribadian dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa sekolah menengah pertama. Makara, Sosial Humaniora, 14(1), 65-79.

Downloads

Published

2020-10-12
Abstract viewed = 240 times