PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS SEKOLAH BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE PADA SMP NEGERI 24 PALEMBANG

Authors

  • Vidya Qoriah Putri Universitas Indo Global Mandiri
  • Mariska Putri Pratiwi Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v4i2.1783

Abstract

Abstrak

Pada saat ini proses inventarisasi alat dan barang masih dilakukan dengan secara manual. Untuk saat ini, sistem inventarisasi setiap alat dan barang di SMP N 24 Palembang menggunakan cara yang masih manual yaitu dengan pencatatan pada buku inventaris kemudian data inventaris tersebut diketikkan ke dalam microsoft excel yang berada di komputer/pc milik sekolah yang berada di sekolah sehingga memungkinkan rawan kehilangan data inventaris sekolah apabila semisal perangkat komputer sekolah rusak atapun hilang sehingga mempersulit pihak sekolah untuk mendata ulang lagi. Hal ini dapat menimbulkan masalah dalam proses inventarisasi alat dan barang memakan waktu yang lama dan tidak tersusun dengan baik. Berdasarkan permasalahan diatas, maka diperlukan sistem untuk memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pencatatan alat dan barang sekolah yang bisa diakses dimana pun dan kapanpun seperti sistem inventaris dibuat dengan berbasis web. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mengambil judul perancangan sistem informasi inventaris berbasis web.


References

Laudon, Kenneth C. & Jane P.Laudon, O’Brien dan Marakas. (2006). Perancangan Sistem Informasi. Vol.2,No.3,hal.17-59.

Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. ANDI. Yogyakarta.

Nahampun, Rusendi. & Asriningtias, Yuli. (2020). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Inventaris Sekolah Berbasis Web. Yogyakarta.

Sommerville, I. (2011). SOFTWARE ENGINEERING. Ninth Edition. Massachusetts : Addison Wesley.

Pradipta,Afghan Amar,dkk. (2015) . Pengembangan Web E-commerce Bojana Sari menggunakan Metode prototype.

Sukamto dan Shalahuddin (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Siahaan, Daniel (2012). Analisa Kebutuhan dalam Rekayasa Perangkat Lunak.

Yogyakarta : Andi Offset.

Widodo, Prabowo Pudjo dan Herlawati (2011). Menggunakan UML. Bandung : Informatika.

Santoso ,Nurmalina, Ratna. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas. Vol. 9,No. 1.

Simarmata, Jenner 2010:47. (2017). Implementasi prototype aplikasi e-konseling untuk menunjang pelayanan konseling berbasis jejaring social. Vol.2,No.2.

Downloads

Published

2021-07-28
Abstract viewed = 315 times