DESAIN & PENGEMBANGAN WEB-SERVICE PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) KEMENTERIAN AGAMA (KEMENAG) KUTAI TIMUR

Authors

  • Tommy Bustomi STMIK Widya Cipta Dharma
  • Nursobah Nursobah STMIK Widya Cipta Dharma
  • Jan-Jan Jaelani STMIK Widya Cipta Dharma

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v3i3.1393

Abstract

Aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan pemberian pelayanan terhadap beberapa jenis pelayanan yang diselenggarakan secara terintegrasi dalam satu tempat dan dikontrol oleh sistem pengendalian manajement.  Di dalam Aplikasi PTSP ini ada dua jenis pelayanan yaitu costumer servivce (Cs) dan front office (FO) , di kedua jenis pelayanan itu mempunyai fungsi pelayanan yang berbeda CS berfungsi memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun pegawai yang mau melakukan konsultasi meliputi, Ibadah Haji dan Umrah, Pernikahan, Wakaf, Zakat, Kenaikan Pangkat, Kepegawaian sedangkan FO Memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa permohonan pindah sekolah, legaliser ijazah, rekomendasi masjid, rekomendasi paspor, Permohonan Arah kiblat, permohonan doa, permohonan rohaniawan, Permohonan data tempat Ibadah, Permohonan data Pernikahan.  Aplikasi PTSP ini dikembangkan dengan metode pengembangan sistem Prototype, metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi pustaka, analisa perancangan sistem dengan menggunakan UML (Unifield Modeling Language). Dalam membangun Aplikasi PTSP informasi digunakan bahasa pemrograman PHP, Basis Data MySQL, Web Server Local apache, Adobe Dreamweaver CS6 sebagai editor web, dan adobe photoshop sebagai editor image. Hasil dari penelitian ini dengan dikembangkannya aplikasi PTSP berbasis web mempermudah petugas kantor dalam pelayanan pengarsipan pencatatan history dan mempermudah dalam melayani masyarakat umum serta memberikan kemudahan kepada masyarakat ketika akan melakukan pelayanan.

Kata Kunci— Game, Zombie Hunter, Finite State Machine, Collision Detection.

References

Sulistiyono, "Pengukuran Faktor Kepuasan Pengguna Akhir Untuk Menentukan Pengembangan Informasi Di Kantor Wilayah Kementerian AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR," Paper and Presentations, Informations System, RSSI 658.403 8 Sul p, 2014, 2014. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2492468946

H. Sholeh Suryadi, M.Si, Nidn. and Npm. Bambang Saputra, "Strengthening Local Goverment To Improve Public Service Quality, Towards National Competitiveness Globalization,Case Study At Sebatik, Nunukan Region, North Kalimantan," 2017. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2799914212

Ahmad Zainuri, "Strategi Penerapan Lima Nilai Budaya Kerja di Kementerian Agama Menuju Pelayan Prima," Medina-Te, vol. 12, no. 1, pp. 1-14, 2017. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2612753192

Inu Kencana Syafiie, "Ilmu Administrasi Publik," 2010. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2949601288

Rosa and M.shalaludin, "Rekayasa Perangkat Lunak," 2014.[Online]. https://academic.microsoft.com/paper/3081659139

Eddy Prasetyo Nugroho and dkk, "Rekayasa Perangkat Lunak," Repository Nusamandiri, 2010. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2742252089

Adi Nugroho, "Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP," 2011. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/3009382770

Yogi Suprayogi Sugandi, "Administrasi Publik Konsep Dan Perkembangan Ilmu Di Indonesia," 2011. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2769146247

Janner Simarmata, "Rekayasa perangkat lunak," 2010. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2915160182

Dana Indra Sensuse and Miftahul Maulana, "Perancangan Strategis Sistem Informasi: Studi Kasus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Departemen Agama Ri," Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), vol. 7, no. 1, pp. 1-12, 2012. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2192577079

Dessii Tr Santi, "Sistem Informasi Manajemen Tata Persuratan Kementerian Agama Kabupaten Pacitan," Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer, vol. 2, no. 1, 2013. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/1507333755

Prihantoro C, Witriyono H. Perancangan Client Server Three Tier Pada Pembangunan Web Service Anggota Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Journal of Technopreneurship and Information System (JTIS). 2019 Aug 5;2(2):68-73.

Umdatur Rosyidah, Kusrini Kusrini, and Henderi Henderi, "Evaluasi Usability Pada Aplikasi Simpatika Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama," Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 362-367, 2018. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/3016186436

Harbani Pasolong, "Metode Penelitian Administrasi Publik,"2016.[Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2898560107

RI Kementerian Sekretariat Negara, "Peraturan Pemerintah Republik Nomor 19 Tahun 2015 TentangJenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Agama," 2015.[Online]. https://academic.microsoft.com/paper/1916584848

Ryan Adi Mahendra, "Strategi Komunikasi Kementerian Agama Ri Dalam Penyebaran Informasi Kepada Jamaah Haji Indonesia Tahun 2016 Melalui Aplikasi Haji Pintar,"2017.[Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2612928911

Prihantoro C, Witriyono H. KOMPONEN CLIENT SERVER THREE TIER PADA PEMBANGUNAN WEB SERVICE ANGGOTA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. InPROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL 2018 (Vol. 1, No. 1).

Rosa As and m. Shalahudin, "Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan berorientasi objek," 2014. [Online]. https://academic.microsoft.com/paper/2404010647

Downloads

Published

2021-02-03
Abstract viewed = 328 times