APLIKASI TES BUTA WARNA DENGAN METODE FARNSWORTH MUNSELL BERBASIS ANDROID

Authors

  • Ardi Wijaya
  • Muntahanah muntahanah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v3i1.848

Abstract

Abstrak - Tes buta warna saat ini sangat dibutuhkan bagi dunia industri, pendidikan, maupun pemerintahan. Hal ini disebabkan oleh ketergantungan manusia dalam pekerjaan atau pendidikan yang erat sekali berhubungan dengan warna. Salah satu metode tes buta warna adalah metode Farnsworth Munsell. Farnsworth Munsell adalah metode untuk melihat kemampuan seseorang menyusun kecerahan warna. Tes ini dapat membedakan tipe defisiensi penglihatan warna dan mengevaluasi tingkat keparahan diskriminasi warna. Sistem operasi Android saat ini paling banyak digunakan pada smartphone dan komputer tablet. Aplikasi dibangun pada sistem berbasis Android dengan minimal versi Android 4.4.4 (Kitkat). Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah ingin membangun sebuah aplikasi tes buta warna berbasis android dengan menerapkan metode Farnsworth Munsell  sehingga dapat memudahkan kalangan umum dalam mendapatkan dan menggunakannya serta ini diharapkan dapat mendapatkan hasil yang cukup akurat. Dari hasil pengembangan aplikasi ini sesuai dengan perencanaan dan hasil pengujian blackbox sistem aplikasi dapat berjalan dengan baik tanpa kendala. Aplikasi dapat memproses perhitungan metode Farnsworth Munsell dan menghasilkan output yang sesuai dengan kaidah metode tersebut. Aplikasi tes buta warna menggunakan metode Farnsworth Munsell ini dapat mempermudah perhitungan skor error secara otomatis sehingga mempermudah pengguna dalam mendapatkan hasil tes.

Kata kunci: Buta warna, Kelainan mata, Tes mata, Metode Farnsworth Munsell, Aplikasi Android, Sistem operasi Android

References

KURNIA, Rahmadi. Penentuan tingkat buta warna berbasis his pada citra ishihara. In: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). 2009.

PURNAMASARI, Prasetya, et al. Tes Buta Warna Metode Ishihara Berbasis Komputer (Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Semarang). 2015. PhD Thesis. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

DHIKA, Randy Viyata; ERNAWATI, Ernawati; ANDRESWARI, Desi. Aplikasi Tes Buta Warna Dengan Metode Ishihara Pada Smartphone Android. Pseudocode, 2014, 1.1: 51-59.

WULAN, Ana Ratna. Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran. Jurnal, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, 2007.

KURNIADI, Dede; FAUZI, M. Mesa; MULYANI, Asri. Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Berbasis Android Menggunakan Metode Ishihara. Jurnal Algoritma, 2016, 13.2: 451-456.

Herman, H. 2007. Majalah Kedokteran Damianus. FK Unika Atmajaya.

ABDURAHMAN, Hasan; RISWAYA, Asep Ririh. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis, 2014, 8.2: 61-69.

WIJAYA, Ardi. Pembuatan Aplikasi Panggilan Darurat Berbasis Android Menggunakan Location Based Services. Journal Scientific and Applied Informatics, 2019, 2.1: 278315.

JUANSYAH, Andi. Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted-global positioning system (a-gps) dengan platform android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 2015, 1.1: 1-8.

Pressman. (2015). Konsep dasar perancangan sistem berbasis orientasi objek. Yogyakarta: Andi Offset

Downloads

Published

2020-01-10
Abstract viewed = 716 times