ANALISIS DATA WEB LOG WEBSITE e-GOVERNMENT PROVINSI BENGKULU UNTUK MENGETAHUI POLA AKSES PENGUNJUNG

Authors

  • Diana Diana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yovi Apridiansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v2i3.510

Abstract

Web Log adalah file yang mencatat seluruh aktivitas yang diakses yang dilakukan terhadap web server. Analisis web log digunakan untuk mendapatkan informasi yang disimpan di server web dengan merancang program aplikasi berbasis web. Data web log yang digunakan adalah data di server website resmi provinsi Bengkulu. Hasil dari program aplikasi web log terdiri dari jenis data, jumlah pengunjung, halaman yang dikunjungi, kode status, kemampuan file yang diakses, halaman yang dirujuk, dan browser yang digunakan oleh pengunjung. Pola akses pengunjung tersebut telah melalui proses pembersihan data dari informasi yang tidak relevan seperti file gambar, file multimedia, metode permintaan kecuali GET. Oleh karena itu dapat membantu administrator sistem dan desainer web dalam memantau kinerja dan kualitas website demi pengembangan website e-government di masa mendatang

References

Diana. 2012. Evaluasi Website e-Government Menggunakan Analisis Kualitas dan Web Log [tesis]. Bogor : Program Pascasarjana, Institu Pertanian Bogor.

Suneetha RK, Krishnamoorthi R. 2009b. Data Preprocessing and Easy Access Retrieval of Data through Data Ware House. Proceedings of the World Congress on Engineering and Computer Sience, San Francisco USA, 20-22 Okt 2009.

Inpres. 2003. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. Jakarta.

World Wide Web. 1995 Status Code Definitions. http://www.w3.org/Protocols/ rfc2616/rfc2616-sec10.html.

Nixon B. 2010. Pengembangan Program Penyaringan Data Web Log Untuk Analisis Pola Akses Pengunjung Web Server [tesis]. Jakarta: Program Pascasarjana, Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2019-11-28
Abstract viewed = 347 times